Sholihah, Nisaa Widiyatush (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI NISAA WATERMARK_compressed.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Bangun Ruang
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kompetensi
penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Namun,
kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal-soal yang menuntut pemikiran kritis dan strategis, terutama
pada materi bangun ruang. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran
konvensional yang belum mampu mendorong siswa untuk aktif dan mandiri
dalam proses belajar. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran inovatif
yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kemampuan
komunikasi matematis siswa kelas kontrol dan eksperimen sebelum menerapkan
model kooperatif tipe Think Talk Write pada Materi Bangun Ruang Kelas VII
SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui kemampuan
komunikasi matematis siswa kelas kontrol dan eksperimen sesudah menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada Materi Bangun
Ruang Kelas VII SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi. 3) Untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think
Talk Write t erhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada Materi
Bangun Ruang Kelas VII SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi
eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tri Bhakti
Tegaldlimo, dengan sampel kelas VII A sebagai eksperimen dan VII B sebagai
kontrol yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan
statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum perlakuan,
kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas kontrol dan eksperimen
berada pada kategori nilai C dan D dengan persentase yang sama, yaitu 45% dan
55%. 2) Setelah perlakuan, kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran
konvensional didominasi oleh nilai D (45%), sedangkan kelas eksperimen yang
menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write mengalami peningkatan
signifikan, dengan 75% siswa memperoleh nilai A dan 25% nilai B. 3) Uji
hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test menunjukkan nilai sig. (2-
tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), sehingga 퐻표 ditolak. Dengan demikian, terdapat
pengaruh signifikan model pembelajaran Think Talk Write terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang di kelas VII
SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Nisaa Widiyatush Sholihah |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:42 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |