Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 204/2025

Magfiroh, Rizki (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 204/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizki Magfiroh_2O2101090047_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Kurikulum merdeka adalah penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang memberikan kebebasan dalam pembelajaran, menekankan pada aspek esensial, pengembangan karakter melalui profil pelajar pancasila, serta pembelajaran kontekstual yang berpusat pada peserta didik.
Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2024/2025? (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2024/2025? (3) Bagaimana evaluasi implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2024/2025?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Jember. Subyek penelitian ini yaitu guru mata Pelajaran IPS, Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta peserta didik kelas VII J di SMP Negeri 1 Jember. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial di SMP Negeri 1 Jember telah berjalan dengan baik terlihat dari kemampuan guru untuk menyusun modul ajar yang di dalamnya memuat Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan oleh kurikulum. Yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. (2) Pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Jember menunjukkan hasil yang baik.Dilaksanakan sesuai modul ajar yang disusun oleh guru dan juga menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang melalui tahapan pembelajaran yang sistematis, dimulai dari pendahuluan, kegiatan inti, identifikasi masalah, mencari dan mengelola informasi, perencanaan ide, mensosialisasikan ide, refleksi dan penutup. (3) Evaluasi implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Jember dilakukan menggunakan tiga teknik penilaian yaitu yang pertama asessmen formatif yang dilakukan secara berkelanjutan selama proses pembelajaran berlansung dikelas, kedua menggunakan penilaian berbasis proyek yang dikerjakan secara kolaboratif oleh peserta didik, kemudian yang terakhir yaitu guru menggunakan instrumen penilaian peserta didik sebagai bahan evaluasi akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Rizki Magfiroh
Date Deposited: 26 Jun 2025 01:52
Last Modified: 26 Jun 2025 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44015

Actions (login required)

View Item View Item