Mustofa, Ahmad Soleh (2025) Nilai-Nilai Islam Inklusif pada pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember. Masters thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text
Ahmad Soleh Mustofa new.pdf Download (4MB) |
Abstract
Ahmad Soleh Mustofa, 2025, Nilai-Nilai Islam Inklusif pada pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember. Proposal Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing 1 : Dr. Subakri, S.Ag., M.Pd., MCE. Pembimbing 2 : Dr. Gunawan, M.Pd.I.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Islam Inklusif, Pendidikan Agama islam
Islam Sebagai agama Rahmatan Lil Alamin mengajarkan nilai-nilai universal yang mencerminkan inklusivitas, seperti nilai keterbukaan, toleransi dan kerjasama. Dalam konteks masyarakat yang majemuk dan multireligius, nilai-nilai Islam yang inklusif menjadi landasan penting dalam membangun harmoni sosial dan memperkuat kohesi antar umat beragama. Begitu juga dalam lembaga pendidikan yang memiliki latarbrlakang yang berbeda beda, islam inklusif memiliki peranan penting untuk menjaga pergaulan antar peserta didik.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Nilai Keterbukaan Pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember.? 2) Bagaimana Nilai Toleransi Pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember.? 3) Bagaimana Nilai Kerjasama Pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember?. Tujuan penelitiannya adalah 1) Untuk Menganalisis Nilai Keterbukaan Pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember, 2) Untuk Menganalisis Nilai Toleransi Pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember, 3) Untuk Menganalisis Nilai Kerjasama Pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kajian Dokumen. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive yaitu memilih informan yang berkaitan dengan penelitian, analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana.
Adapun hasil dari penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) nilai-nilai keterbukaan dalam pendidikan agama islam menggunakan dua pendekatan. Pertama, pendekatan diskusi/debat. Kedua, pendekatan smada bicara 2) nilai-nilai toleransi dalam dalam pendidikan agama islam yang pertama, Menyamakan persepsi. Kedua, Penerapan nilai kerukunan, kepercayaan dan kasih sayang terhadap intra agama dengan bersama-sama terlibat dalam kegiatan keagamaan. Ketiga, Penerapan nilai kerukunan, dan nilai kebebasan antar umat beragama dengan mengadakan kegiatan-kegiatan sosial, dan kesenian. 3) nilai-nilai kerjasama dalam pendidikan agama islam terdiri dari dua bagian. Pertama, Kerja sama intra sekolah yakni dengan konsep membangun rasa persaudaraan, dan menumbuhkan kreativitas.. Kedua, Kerja sama ekstra sekolah yakni berkonsentrasi pada hubungan (kebersamaan), menumbuhkan nilai-nilai positif dan aktif (kesadaran berbagi dan kepekaan bersosial)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Soleh Mustofa |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:00 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |