PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DI KELAS VIII MTSN 10 JEMBER

Isnaini, Siti Lailatul (2025) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DI KELAS VIII MTSN 10 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAN NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI_SITI LAILATUL ISNAINI_211101100005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Materi Getaran.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA di MTsN 10 Jember dimana siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang cenderung bersifat konvensional dan belum mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik. Setiap siswa memiliki gaya belajar, minat, dan kesiapan yang beragam, akan tetapi dalam penerapannya masih bersifat seragam. Akibatnya, sebagian siswa merasa kurang terlibat, mengalami kebosanan dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar kurang optimal. Salah satu alternatif yang diharapkan menjadi solusi yaitu dengan penggunaan pembelajaran berdiferensiasi, dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru dapat mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai dan hasil belajar yang didapatkan optimal.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran di kelas VIII MTsN 10 Jember. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran di kelas VIII MTsN 10 Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII A yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 40 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent Sample T-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan melalui 4 tahapan: Pertama, guru memetakan kebutuhan belajar peserta didik melalui penyebaran angket. Kedua, merencanakan pembelajaran berdiferensiasi. Ketiga, melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Dan yang keempat yaitu evaluasi dan refleksi. (2) Terdapat pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran di kelas VIII MTsN 10 Jember. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent sample T-test untuk posttest diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran di kelas VIII MTsN 10 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020301 Acoustics and Acoustical Devices; Waves
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Siti Lailatul Isnaini
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:26
Last Modified: 26 Jun 2025 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44044

Actions (login required)

View Item View Item