MEDIA PEMBELAJARAN TAJWID CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTs SA MIFTAHUL ULUM DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS

Rani, Dwi Santi Puspita (2025) MEDIA PEMBELAJARAN TAJWID CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTs SA MIFTAHUL ULUM DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DWI SANTI PUSPITA RANI_T20181334.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Dwi Santi Puspita Rani, 2022: Media Pembelajaran Tajwid Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Kata Kunci: Media Tajwid Card, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis.

Pembelajaran yang baik merupakan kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa yang terjadi secara kondusif. Untuk tercapainya tujuan pembelajaran, maka guru diharuskan kreatif dalam menyampaikan pesan dalam setiap mata pelajaran. Media didalam pembelajaran sangat diperlukan sebagai perantara pesan dalam setiap mata pelajaran yang akan disampaikan guru terhadap siswa agar bisa diterima dengan baik dan dipahami.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini diantaranya adalah, (1) Bagaimana perencanaan media pembelajaran tajwid card untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs SA Miftahul Ulum dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis? (2) Bagaimana pelaksanaan media pembelajaran tajwid card untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs SA Miftahul Ulum dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis? (3) Bagaimana evaluasi media pembelajaran tajwid card untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs SA Miftahul Ulum dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis? Tujuan dari penelitian ini yaitu: pertama, untuk mendeskripsikan perencanaan media pembelajaran tajwid card untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs SA Miftahul Ulum dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Kedua, mendeskripsikan pelaksanaan media pembelajaran tajwid card untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs SA Miftahul Ulum dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Ketiga, untuk mendeskripsikan evaluasi media pembelajaran tajwid card untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs SA Miftahul Ulum dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkahnya meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan media pembelajaran tajwid card untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs SA Miftahul Ulum dalam mata pelajaran Al-Qur’an hadis. Perencanaan yang perlu dipersiapkan yaitu penyusunan RPP dan pembuatan media tajwid card diluar jam pelajaran. (2) pelaksanaan media pembelajaran tajwid card untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs SA Miftahul Ulum dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis yaitu terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. (3) evaluasi media pembelajaran tajwid card untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs SA Miftahul Ulum dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis yaitu menilai kegiatan diskusi dan quiz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Santi Puspita Rani
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:36
Last Modified: 26 Jun 2025 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44066

Actions (login required)

View Item View Item