Saputra, Andri (2025) PENINGKATAN KECERDASAN SPRITUAL DAN SOSIAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Andri Saputra T20181124 (Watermark).pdf Download (3MB) |
Abstract
Andri Saputra, 2024: Peningkatan Kecerdasan Spiritual Dan Sosial Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi
Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial,
Sejak pertama kali dilahirkan, manusia telah dibekali dengan potensi alami untuk berkembang serta kemampuan untuk hidup berdampingan secara harmonis dengan alam sekitarnya. Kecerdasan juga menjadi elemen esensial dalam eksistensi manusia sejak awal kehidupan. Waktu pembelajaran yang terbatas serta kurangnya penguatan aspek afektif menyebabkan guru belum mampu secara optimal menanamkan nilai-nilai spiritual dan sosial kepada siswa. Oleh karena itu, strategi penguatan Kecerdasan Spiritual dan sosial perlu dirancang dan diimplementasikan secara menyeluruh. Beberapa kegiatan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi yang bertujuan meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan sosial antara lain adalah sholat berjamaah, kajian kitab, dan pembacaan Al-Qur’an. Namun dalam praktiknya, kegiatan-kegiatan ini menghadapi berbagai kendala, sehingga hasil yang dicapai belum sesuai dengan yang diharapkan.
Mengacu pada latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana peningkatan Kecerdasan Spiritual di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi.?(2) Bagaimana peningkatan kecerdasan sosial siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi.?
Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan tentang peningkatan Kecerdasan Spiritual di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi. (2) Mendeskripsikan tentang peningkatan kecerdasan sosial siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi.
Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Research. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduaksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian yang berjudul Peningkatan Kecerdasan Spiritual dan sosial siswa menemukan bahwa (1) Peningkatan Kecerdasan Spiritual siswa dilakukan melalui berbagai kegiatan bina rohani seperti sholat dzuha dan dzuhur berjamah. Kegiatan kajian keislaman seperti tadarus Al-Qur'an sebelum pembelajaran, Selain itu, pembiasaan dzikir dan doa bersama. Program-program ini terbukti efektif dalam meningkatkan disiplin beribadah, menanamkan nilai-nilai ketakwaan, serta membentuk karakter siswa yang lebih religius dan berakhlak mulia. (2) Peningkatan kecerdasan sosial siswa dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan keagamaan yang terintegrasi dalam kehidupan sekolah. Kegiatan tersebut meliputi program Jum’at Berkah, pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim, pelaksanaan sholat berjamaah, diskusi keagamaan untuk membentuk perilaku yang baik dan benar, serta membaca Al-Qur’an sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Pelaksanaan program-program ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, menumbuhkan rasa empati, serta memperkuat kemampuan bekerja sama dan beradaptasi dalam berbagai lingkungan sosial. Dengan demikian, pendekatan berbasis kegiatan keagamaan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan kecerdasan sosial siswa secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andri Saputra |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 04:03 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 04:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44082 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |