ANI FREESIA, ANI (2022) PERAN MUSALA WALISONGO MEMPERKUAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN SUMBERBARU KABUPATEN JEMBER TAHUN 2021. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
ANI FREESIA- T20151339.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ani Freesia, 2021: Peran Musala Walisongo Memperkuat Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi COVID-19 di Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember Tahun 2021.
Kata Kunci: Peran musala, Pendidikan Agama Islam, Pandemi COVID-19.
Adanya COVID-19 mempengaruhi banyak hal, salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Sekolah yang awalnya libur dengan adanya COVID-19 sistem pembelajaran pun harus di rubah, yang awalnya tatap muka menjadi daring (dalam jaringan). Dengan model pembelajaran seperti itu tentu membutuhkan adaptasi dan peran orang tua untuk mendampingi anak dalam proses belajar, namun penerapannya masih menuai problem, karena tingkat pengetahuan orang tua yang sangat rendah, ekonomi masyarakat sangat rendah, dan akses sinyal yang tidak semua bisa berjalan dengan maksimal. Dengan demikian Musala Walisongo yang berada di Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru memberikan solusi berupa memberikan pendampingan untuk memudahkan para siswa yang menjadi santri di Musala Walisongo dalam belajar dan memberikan layanan wifi secara gratis.
Dalam penelitian ini penulis membuat fokus masalah pada, pertama, Bagaimana peran Musala Walisongo dalam memperkuat Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi COVID-19 tahun 2021? Ke dua, Bagaimana pelaksanaan pendampingan ustazah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Musala Walisongo pada masa pandemi COVID-19 tahun 2021 ?. Ke tiga,
Bagaimana motif ustazah mendampingi santri belajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Musala Walisongo pada masa pandemi COVID-19 tahun 2021?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Musala Walisongo dalam memperkuat Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi COVID-19 tahun 2021. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendampingan ustazah di Musala Walisongo pada masa pandemi COVID-19 tahun 2021. Mendeskripsikan motif ustazah mendampingi santri belajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Musala Walisongo pada masa pandemi COVID-19 tahun 2021.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif, penentuan subjek penelitian di lakukan dengan cara purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan metode triangulasi data, dan analisis data menggunakan data condensation, data display,
dan drawing and verifying conclution.
Setelah penulis analisa maka penelitian ini menghasilkan bahwa, pertama, Musala Walisongo memberikan peranan dimasa pandemi ini dengan memberikan pendampingan santri dalam belajar pada saat daring, selain itu musala juga memberikan fasilitas gratis wifi untuk digunakan seluruh santri, mewajibkan salat subuh berjamaah di Musala Walisongo. Kedua, Musala Walisongo juga memberdayakan santri senior dan ustazah untuk melakukan pendampingan di luar jam mengaji sore. Ketiga, motif pendampingan yang di lakukan oleh ustazah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah karena mengharap rida dari Allah SWT (werk rationalitat).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ANI FREESIA - |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 01:49 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 01:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4412 |
Actions (login required)
View Item |