PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MELALUI MARKET DAY PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PUGER KABUPATEN JEMBER

Ananda, Elsa Nadia (2025) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MELALUI MARKET DAY PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PUGER KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ELSA_214101090001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penerapan model Project Based Learning melalui Market Day di SMP Negeri 1 Puger dapat meningkatkan pemahaman siswa bahwa penerapan Market Day dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep ekonomi secara langsung, melatih keterampilan wirausaha, mengembangkan kreativitas memasarkan produk, menumbuhkan kepercayaan diri, dan kemampuan berkomunikasi. Selain itu, kegiatan ini mendorong siswa untuk bekerja sama dalam tim dan memahami nilai-nilai ekonomi sejak dini. Keistimewaan Market Day di SMP Negeri 1 Puger yaitu siswa mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal seperti memperkenalkan kembali makanan khas daerah atau tradisional kepada teman-teman dan masyarakat sekolah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti penerapan Project Based Learning melalui Market Day yang berfokus pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi.
Rumusan masalah dalam skripsi yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning melalui Market Day di SMP Negeri 1 Puger? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning melalui Market Day di SMP Negeri 1 Puger? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning melalui Market Day di SMP Negeri 1 Puger?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Puger selama 1 bulan lebih 3 hari. Peneliti memilih 1 Waka Kurikulum, 2 Guru IPS kelas, perwakilan siswa sebagai informan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi dari teori John W. Creswell (2012). Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teori dari Miles, Huberman dan Saldana (2014) yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan penerapan model Project Based Learning melalui Market Day dilakukan secara sistematis dimulai dari perencanaan produk, penyusunan model ajar, pemilihan metode yang sesuai, serta menyiapkan siswa agar terlihat aktif dalam setiap kegiatan, 2) Pelaksanaan penerapan model Project Based Learning melalui Market Day dilakukan secara terstruktur melalui beberapa tahapan, yaitu menentukan pertanyaan mendasar, merancang proyek, menyusun jadwal, mengawasi proses pelaksanaan proyek, penilaian pelaksanaan proyek, dan mengevaluasi pelaksanaan proyek, 3) Evaluasi dilakukan secara menyeluruh dengan menggunakan rubrik penilaian yang tercantum dalam modul ajar yang mencakup aspek proses dan hasil melalui presentasi kelompok. Kegiatan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dengan kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Elsa Elsa Nadia Ananda
Date Deposited: 26 Jun 2025 04:51
Last Modified: 26 Jun 2025 04:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44126

Actions (login required)

View Item View Item