MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ASH-SHIDDIQI CURAHLELE KECAMATAN BALUNG JEMBER TAHUN 2024-2025

Rohmah, Tirza Hayatur (2025) MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ASH-SHIDDIQI CURAHLELE KECAMATAN BALUNG JEMBER TAHUN 2024-2025. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
new xx TESIS TIRZA watermark.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tirza Hayatur Rohmah, 2025 “Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Ash-Shiddiqi Curahlele Jember Tahun 2024”.
Pembimbing 1_Dr. H. Zainuddin Al Haj Zaini, Lc, M.Pd.I dan Pembimbing 2_Dr. Lailatul Usriyah, M. Pd,I
Kata Kunci: Manajemen Pembiayaan, Kinerja Guru
Dalam dunia pendidikan, pembiayaan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kualitas pembelajaran. Tanpa manajemen pembiayaan yang baik, kesejahteraan guru dan proses belajar mengajar akan terganggu.
Fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Ash-Shiddiqi? 2) Bagaimana Pelaksanaan pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Ash-Shiddiqi? 3) Bagaimana Evaluasi pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Ash-Shiddiqi?
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menemukan dan mendeskripsikan perencanaan pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Ash-Shiddiqi. 2) Menemukan dan mendeskripsikan pelaksanaan pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Ash-Shiddiqi. 3) Menemukan dan mendeskripsikan evaluasi pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Ash-Shiddiqi.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis Study kasus, teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi, Penentuan Subyek menggunakan Purposive, Sumber Data berupa Informan, Kegiatan dan Dokumentasi, Analisis data menggunakan Kondensasi data, Pemaparan Data, Penarikan dan Verifikasi Kesimpulan, Uji Keabsahan data dengan menggunakan Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik dan Pengecekan Anggota.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan anggaran di SMP Ash-Shiddiqi dilakukan secara terstruktur dua kali dalam setahun, melibatkan yayasan, kepala sekolah, dan tim administrasi. Pelaksanaan pembiayaan mengacu pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), yang mendukung operasional sekolah seperti penggajian guru, penyediaan sarana pembelajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler. Evaluasi pembiayaan dilakukan secara rutin oleh yayasan dan pihak Dinas Pendidikan guna memastikan efisiensi, transparansi, dan efektivitas penggunaan anggaran. Manajemen pembiayaan yang dikelola dengan baik terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan guru, motivasi kerja, serta kualitas pembelajaran di kelas. Temuan ini menunjukkan bahwa manajemen pembiayaan pendidikan yang efektif menjadi salah satu faktor strategis dalam mendukung peningkatan kinerja guru dan pencapaian tujuan pendidikan..

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Depositing User: Tirza Hayatur Rohmah
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:38
Last Modified: 26 Jun 2025 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44157

Actions (login required)

View Item View Item