Romlah, Siti (2025) IMPLEMENTASI PEMASARAN DIGITAL DARI TINJAUAN EKONOMI SYARIAH (STUDI PADA TOKO ES TELER IKIWAWA MASTRIP KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI SITI ROMLAH FIXS e.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Siti Romlah, 2025: Implementasi Pemasaran Digital Dari Tinjauan Ekonomi Syariah (Studi Pada Toko Es Teler Ikiwawa Mastrip Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember).
Kata Kunci: Digital Marketing, Pemasaran, Ekonomi Syariah
Dalam konteks bisnis, marketing merupakan cara untuk mencapai keuntungan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas dengan menyediakan apa yang dibutuhkan konsumen. Salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan perusahaan adalah seberapa baik digital marketing tersebut diterapkan. Marketing tidak hanya tentang menjual produk, tetapi juga harus memberikan kepuasan kepada pelanggan agar perusahaan dapat meraih keuntungan
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi Digital Marketing Pada Usaha Es Teler Ikiwawa? (2) Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap implementasi digital marketing pada pemasaran dalam tinjauan ekonomi syariah pada usaha Es Teler Ikiwawa?
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk Mengetahui Implementasi digital marketing pada usaha Es Teler Ikiwawa. (2) Untuk Mengetahui tinjauan Ekonomi syariah terhadap implementasi digital marketing pada pemasaran dalam tinjauan ekonomi syariah pada usaha Es Teler Ikiwawa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pemilihan subjek penelitian dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini yakni: Usaha Es Teler Ikiwawa telah mengimplementasikan digital marketing secara efektif melalui media sosial dan layanan pesan antar. Strategi ini berhasil meningkatkan aksesibilitas, interaksi, dan kredibilitas usaha. Namun, masih diperlukan pengembangan pada aspek hiburan, konsistensi informasi, dan infrastruktur teknis. Dari perspektif ekonomi syariah, penerapan digital marketing pada usaha ini telah mencerminkan nilai keadilan, kejujuran, transparansi, dan tanggung jawab. Produk ditampilkan apa adanya, harga adil dan terbuka, distribusi jelas, serta promosi dilakukan secara jujur. Dengan demikian, Es Teler Ikiwawa menjadi contoh bahwa strategi digital modern dapat selaras dengan prinsip syariah, menciptakan bisnis yang kompetitif sekaligus membawa keberkahan dalam beretika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Romlah |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:55 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |