Nurdiana, Dite Siska (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 MANGARAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI DITE SISKA NURDIANA NIM. T20181076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Dite Siska Nurdiana. 2025: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 1 Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Discovery Learning, HOTS, mata pelajaran PAI
Persoalan pendidikan saat ini terjadi karena adanya krisis paradigma, berdasarkan kurikulum merdeka guru dituntut untuk menerapkan model pembelajaran modern sedangkan di SMPN 1 Mangaran masih menerapkan metode ceramah sebagai metode utamanya, yang menyebabkan kurangnya pemahaman siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan adanya pengembangan model pembelajaran agar siswa diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar berpikir tingkat tinggi. Model yang kiranya tepat adalah model Discovery Learning, di mana pendekatan pembelajaran PAI dengan model pembelajaran ini berorientasi pada kehidupan sehari-hari khususnya pada materi Mawas Diri dan Introspeksi Dalam Kehidupan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: apakah terdapat pengaruh pada penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Mangaran? Dan tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Mangaran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimental dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tulis berupa pretest dan postest berbentuk HOTS yang terdiri dari 15 soal Pilihan Ganda (PG), sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji-t yang dianalisis menggunakan uji t-test dengan jenis uji dua pihak. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol, yang dipilih berdasarkan Teknik Purposive Sampling (sampel dipilih dengan pertimbangan tertentu) yaitu berdasarkan nilai Asesmen Sumatif, Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS), Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS).
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar berpikir tingkat tinggi yang mengikuti pembelajaran model Discovery Learning dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Model Discovery Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil nilai yang diperoleh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan sekitar 74,77 < 80,14, yang artinya model Discovery Learning dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Dite Siska Nurdiana |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 07:07 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 07:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |