PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI BIOTEKNOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Aldi Vebrian, Mohammad (2025) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI BIOTEKNOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Mohammad Aldi Vebrian (Revisi Sidang) e.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Mohammad Aldi Vebrian, 2025: Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Bioteknologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Di Sma Nuris Jember.
Kata Kunci: Perbandingan, Hasil Belajar, Siswa, Bioteknologi, Nilai-Nilai Islam.
Perkembangan ilmu bioteknologi sebagai bagian dari sains modern menuntut adanya pendekatan pembelajaran yang tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga nilai-nilai spiritual dan etika, terutama dalam bidang pendidikan di lembaga yang berbasis Islam. SMA Nuris Jember sebagai sekolah yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran merupakan lingkungan strategis untuk mengembangkan pembelajaran yang terintegrasi antara sains dan Islam. Materi bioteknologi yang terintegrasi Islam memungkinkan siswa memiliki pengetahuan tentang konsep-konsep sains terkait bioteknologi sekaligus membentuk karakter religius yang sejalan dengan prinsip-prinsip Islam, namun belum banyak kajian yang mengkaji materi bioteknologi yang terintegrasi Islam. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi terintegrasi Islam.
Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana perbandingan hasil belajar siswa di kelas sepuluh pada materi bioteknologi terintegrasi nilai-nilai Islam di SMA Nuris Jember?” Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan hasil belajar siswa di kelas X MIPA pada materi bioteknologi terintegrasi Islam di SMA Nuris Jember.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian static group comparison, data penelitian diperoleh dari nilai post test. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang diambil dari dua kelas yang memiliki karakteristik yang relatif sama. satu kelas yang menerapkan model Inquiry Learning terintegrasi nilai-nilai Islam dan satu kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dianalisis menggunakan uji statistik t-test untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post test siswa yang mengikuti pembelajaran Inquiry Learning terintegrasi nilai-nilai Islam memperoleh hasil belajar yang memiliki rata-rata lebih tinggi dengan nilai rata-rata. dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, peningkatan skor dari pre-test ke post-test menunjukkan keberhasilan model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep dan karakter siswa dan hasil uji T menunjukkan, berdasarkan analisis uji Mann Whitney U-Test pada hasil tes literasi sains diperoleh Sig.0.0000,05 yang artinya terdapat perbedaan literasi sains kelas MIPA 1 dengan kelas MIPA 2 sebagaimana rata-rata pada kelas MIPA 1 sebesar 77,61 lebih tinggi dari pada kelas MIPA 2 yakni sebesar 47,22. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan perolehan nilai rata-rata literasi sains siswa kelas MIPA 1 dan siswa kelas MIPA 2 pada materi bioteknologi terintegrasi nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohammad Aldi Vebrian
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:40
Last Modified: 26 Jun 2025 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44198

Actions (login required)

View Item View Item