IMPLEMENTASI MEDIA KARTU DOMINO PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5C DI MIMA 01 KH.SHIDDIQ JEMBER

Bisri, Moh. Alwi Ristamansyah (2025) IMPLEMENTASI MEDIA KARTU DOMINO PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5C DI MIMA 01 KH.SHIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Alwi Ristamansyah B - 211101010038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Moh. Alwi Ristamansyah Bisri, 2025: Implementasi Media Kartu Domino Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5c Di Mima 01 Kh.Shiddiq Jember
Kata Kunci: Media, Kartu Domino, Al-Qur’an Hadist, Motivasi Belajar
Media pembelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang menjadi alat alternatif pendidik untuk menciptakan suasana pembelajaran bisa nyaman dan meningkatkan semangat belajar peserta didik.
Fokus penelitian ini (1) Bagaimana Implementasi Media Pembelajaran Kartu Domino Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5C Di Mima 01 Kh.Shiddiq Jember? (2) Bagaimana Hasil Dari Implementasi Media Pembelajaran Kartu Domino Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5C Di mima 01 kh.shiddiq Jember?
Penelitian ini memiliki tujuan (1) Mendeskripsikan Implementasi Media Pembelajaran Kartu Domino Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5C Di Mima 01 Kh.Shiddiq Jember. (2) Mendeskripsikan Hasil Dari Implementasi Media Pembelajaran Kartu Domino Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5C Di Mima 01 Kh.Shiddiq Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dilakukan dengan asumsi dasar dari berbagai teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memahami perilaku secara alami dari sebuah fenomena sosial. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta penggunaan teknik triangulasi untuk memeriksa keabsahan data penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi media pembelajaran kartu domino memiliki tiga tahapan yaitu tahap pertama perencanaan yang berisi pembuatan media kartu domino, perangkat pembelajaran seperti modul ajar, sumber belajar, tahap kedua pelaksanaan pembelajaran menggunakan media kartu domino ini dibagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup, tahap ketiga evaluasi kartu domino ini yaitu pematangan persiapan desain kelas secara berkelompok dan kondusifitas luar kelas harus dijaga agar kefokusan peserta didik tidak terganggu dan bahan baku media kartu domino cari yang tahan air serta lebih tebal. (2) Hasil dari implementasi media kartu domino dalam meningkatkan motivasi belajar adalah meningkatnya motivasi belajar dengan dibuktikannya pernyataan narasumber dari penelitian ini yang mengatakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu domino ini bisa terbantu dan menyenangkan ketika proses pembelajaran sehingga peserta didik termotivasi untuk terus mengikuti pemebelajaran Al-Qur’an Hadist, meskipun ada beberapa hal yang mendukung dan menghambat dari pembelajaran Al-Qur’an Hadist yang menggunakan media kartu domino ini entah dari pendidik, peserta didik, madrasah, lingkungan dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Alwi Ristamansyah Bisri
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:58
Last Modified: 26 Jun 2025 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44215

Actions (login required)

View Item View Item