Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media NeuroModel Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada SubMateri Sistem Saraf Kelas XI IPA SMA BIMA AMBULU

Qomariyah, Silsilatul (2025) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media NeuroModel Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada SubMateri Sistem Saraf Kelas XI IPA SMA BIMA AMBULU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_SILSILATUL QOMARIYAH 212101080002 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Pendidik di Indonesia sampai saat ini masih banyak yang menerapkan
model pembelajaran konvensional. Hal ini juga terjadi di SMA Bima Ambulu.
Guru disekolah tersebut sampai saat ini masih menggunakan motode ceramah.
Penerapan metode ceramah dalam pembelajaran ini kurang efektif terhadap
pemahaman siswa karena merasa bosan dengan metode tersebut. Sehingga siswa
tidak terlalu mendengarkan saat guru menjelaskan materi yang disampaikan.
Bahkan dengan suasana kelas yang membosankan, siswa mengaktifkan
handphone pada saat pembelajaran berlangsung, padahal disekolah tersebut tidak
diperbolehkan mengaktifkan handphone pada saat pembelajaran berlangsung.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah diberikan
pembelajaran menggunakan model discovery learning bantuan media
NeuroModel pada submateri sistem saraf kelas XI di SMA BIMA AMBULU?
2) Pengaruh model discovery learning berbantuan media NeuroModel terhadap
kemampuan berpikir kritis pada submateri sistem saraf kelas XI IPA di SMA
BIMA AMBULU?
Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian Quasi eksperimental design, bentuk penelitian adalah Pretest Posttest
Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Populasi pada penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas
XI IPA di SMA BIMA Ambulu dengan jumlah 5 kelas dengan total sebanyak 163
orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 (kelas kontrol) terdiri
dari 33 siswa dan XI IPA 5 (kelas eksperimen) terdiri dari 32 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan uji T menggunakan uji Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berpikir kritis pada
kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dilihat dari skor rata-rata
yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 83,34 sedangkan kelas kontrol
sebesar 74. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan
dari model discovery learning berbantuan media NeuroModel terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Media
Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060410 Neurogenetics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Silsilatul Qomariyah
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:18
Last Modified: 26 Jun 2025 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44231

Actions (login required)

View Item View Item