PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS KITAB KIFAYATUL AWAM DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH ALIYAH ATQIA BONDOWOSO.

Kholil, Muhammadd (2025) PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS KITAB KIFAYATUL AWAM DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH ALIYAH ATQIA BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Kholil - 211101010025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Kholil, 2025: Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Kitab Kifayatul Awam dengan Metode Contextual Teaching & Learning dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa di Madrasah Aliyah ATQIA Bondowoso.
Kata Kunci: Akidah Akhlak, Kitab Kifayatul Awam, Contextual Teaching & Learning, Karakter Religius.
Di era globalisasi, pengaruh media sosial dan ideologi sekuler berdampak besar terhadap pola pikir peserta didik. Oleh karena itu, pendidikan akidah akhlak perlu diperkuat dengan metode yang tidak hanya menyampaikan konsep teoritis, tetapi juga menginternalisasikannya dalam kehidupan nyata. Kitab Kifayatul Awam sebagai kitab turats kaya akan nilai akidah dan akhlak, namun masih sering diajarkan secara konvensional sehingga siswa kurang aktif.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Contextual Teaching & Learning (CTL) dalam pembelajaran akidah akhlak berbasis kitab Kifayatul Awam pada bab Aqidatul Khomsin dalam menumbuhkan karakter religious siswa Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso?(2) Bagaimana dampak pengamalan siswa dalam pembelajaran akidah akhlak berbasis kitab kifayatul awam pada bab Aqidatul Khomsin dengan metode contextual teaching & learning dalam menumbuhkan karakter religious siswa di Madrasah Aliyah ATQIA Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan metode Contextual Teaching & Learning (CTL) dalam pembelajaran akidah akhlak berbasis kitab Kifayatul Awam di Madrsah Aliyyah ATQIA Bondowoso untuk menumbuhkan karakter religius siswa. (2) Mengetahui dampak pengalaman siswa dalam pembelajaran akidah akhlak berbasis kitab kifayatul awam pada bab aqidatul khomsin dengan metode contextual teaching & learning dalam menumbuhkan karakter religius siswa di Madrasah Aliyah ATQIA Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode CTL melalui tujuh komponen utama konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik, mampu mengaitkan isi kitab Kifayatul Awam dengan realitas kehidupan siswa. Pembelajaran ini berdampak positif dalam menumbuhkan karakter religius siswa secara spiritual, moral, dan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Kholil
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:38
Last Modified: 26 Jun 2025 08:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44257

Actions (login required)

View Item View Item