KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA STUDI KASUS DI SMPN 1 TAMANAN

Ghatan Nurdiasyah, Muhammad (2025) KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA STUDI KASUS DI SMPN 1 TAMANAN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq jember.

[img] Text
MUHAMMAD GHATAN NURDIANSYAH_205101100013_compressed (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Ghatan Nurdiansyah, 2025 : “Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Studi Kasus Di SMPN 1 Tamanan”
Kata Kunci: Pembelajaran Model PBL, Keaktifan Siswa
Model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan keaktifan siswa, dengan Model yang baik maka tercipta pembelajaran yang baik juga, sehingga tujuan pembelajaran juga akan tercapai, salah satu Model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas adalah Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Adapun fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana proses pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning di kelas VII D. 2) Bagaimana keaktifan siswa melalui Model Problem Based Learning.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning di kelas VII D. 2) Bagaimana keaktifan siswa melalui Model Problem Based Learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data Model Miles dan Huberman, Pada pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan , 1) proses pembelajaran terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam pembuatan perencanaan pembelajaran terdapat 4 komponen penting yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran dan penilaian. Proses pembelajaran IPA terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran dan kegiatan akhir pembelajara, dan evaluasi pembelajaran, penilaian dilakukan melalui tes formatif dan non tes yakni observasi, selain itu penilaian juga diambil dari tugas yang diberikan.
2) Keaktifan belajar siswa melalui Model Problem Based Learning siswa kelas VII D, hasil observasi menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa pada awalnya hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, akan tetapi ketika guru menggunakan Model pembelajaran PBL, siswa menjadi lebih semangat dan antusias, siswa juga menjadi lebih berani untuk menyampaikan pendapat dalam proses diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr Muhammad Ghatan Nurdiansyah
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:56
Last Modified: 26 Jun 2025 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44285

Actions (login required)

View Item View Item