Manajemen Sarana dan Prasarana di Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Dalegan Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2020/2021

Octavia, Farida (2022) Manajemen Sarana dan Prasarana di Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Dalegan Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Farida Octavia_T20173081.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana

Manajemen Sarana dan Prasarana merupakan kegiatan untuk mengatur dalam mempersiapkan segala peralatan ataupun material bagi terselenggarakannya proses pendidikan di sekolah. Standar sarana dan prasarana pendidikan yang terdapat pada Peraturan Menteri tersebut mencakup kriteria minimum sarana dan prasarana yang harus ada dan dikelola di sekolah, dengan standar inilah selanjutnya segala sesuatu yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan di pendidikan diatur. Tidak boleh terjadi proses pembelajaran tidak didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dari segi jumlah dan mutunya.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Sarana dan Prasarana di Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Dalegan Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana Pelaksanaan Sarana dan Prasarana di Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Dalegan Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2020/2021? 3) Bagaimana Evaluasi Sarana dan Prasarana di Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Dalegan Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2020/2021?.
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Sarana dan Prasarana di Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Dalegan Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah fenomenologi. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi Non-partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman, dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaannya dilakukan dengan menganalisis kebutuhan serta prosedur perencanaannya menggunakan skala prioritas. 2) Pelaksanaan sarana dan prasarana adalah melalui pengadaan (bersumber dari dana pribadi sekolah, dana BOS serta dana sumbangan dari wali murid), penggunaan (jangka waktu 6 bulan), inventarisasi (belum terjadwal), penyimpanan (gudang), pemeliharaan (dilakukan secara berkala selama 6 bulan sekali dan secara darurat), dan pengawasan (ditugaskan kepada koordinator sarana dan prasarana akan tetapi masih dalam pantauan kepala sekolah). 3) Evaluasi sarana dan prasarana dilakukan dengan rapat bersama serta membahas rancangan pembelajaran tahun ajaran baru yang biasanya dilakukan diakhir semester genap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Farida Octavia Musta'innah
Date Deposited: 01 Mar 2022 01:27
Last Modified: 01 Mar 2022 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4429

Actions (login required)

View Item View Item