EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MTS NURUL QODIRI AL-MA’ARIF TAMAN GRUJUGAN BONDOWOSO

Fatah, Abdul (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MTS NURUL QODIRI AL-MA’ARIF TAMAN GRUJUGAN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Sidddiq Jember.

[img] Text
Abdul Fatah (D20181059)- Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Abdul Fatah, 2025. Efektivitas Penggunaan Media Sosial WhatsApp Sebagai Media Komunikasi antara Guru dan Siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar di MTs Nurul Qodiri Al-Ma’arif Taman Grujugan Bondowoso.

Kata Kunci: Efektivitas, Media Sosial, WhatsApp, Guru, Siswa, Pembelajaran

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pemanfaatan media sosial, khususnya WhatsApp, sebagai media komunikasi alternatif dalam dunia pendidikan, terutama dalam proses belajar mengajar antara guru dan siswa. MTs Nurul Qodiri Al-Ma’arif Taman Grujugan Bondowoso menjadi salah satu lembaga pendidikan yang memanfaatkan WhatsApp sebagai sarana pendukung pembelajaran. Fokus utama penelitian ini adalah mengevaluasi efektivitas penggunaan WhatsApp dalam mendukung komunikasi edukatif antara guru dan siswa serta dampaknya terhadap proses pembelajaran. Permasalahan yang diangkat mencakup sejauh mana WhatsApp dapat menunjang interaksi pembelajaran dan kendala apa saja yang dihadapi dalam penggunaannya.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran bersifat relatif: sebagian guru menilai WhatsApp cukup efektif karena fleksibilitas dan kemudahan akses, sedangkan sebagian lainnya menganggap kurang optimal karena minimnya respon siswa dan keterbatasan dalam menyampaikan materi secara menyeluruh.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa WhatsApp dapat berfungsi sebagai media komunikasi pembelajaran yang efektif apabila digunakan secara terstruktur, disertai komitmen dari kedua belah pihak, serta didukung dengan strategi komunikasi yang tepat. Dengan demikian, WhatsApp dapat menjadi alternatif solusi dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di lingkungan madrasah berbasis pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: aab abdul fatah
Date Deposited: 29 Jun 2025 03:54
Last Modified: 29 Jun 2025 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44296

Actions (login required)

View Item View Item