Rahmawati, Ely (2025) DESAIN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PROYEKTOR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII B PUTRI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MADINATUL ULUM JENGGAWAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
NEW REVISI SIDANG SKRIPSI ELY RAHMAWATI WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Ely Rahmawati, 2025: “Desain dan Penggunaan Media Pembelajaran Proyektor pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan Minat Belajar siswa kelas VII B Putri Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madinatul Ulum Jenggawah Jember”
Kata Kunci: Media Pembelajaran Proyektor dan Minat Belajar siswa.
Media pembelajaran yang tepat sangat penting dilakukan untuk berlangsungnya proses belajar mengajar yang menyenangkan, mampu menambah minat, serta pembelajaran yang berlangsung menjadi aktif dan tidak monoton. Namun, kenyataan di lapangan pembelajaran masih sering didominasi oleh guru dan peserta didik cenderung pasif. Mereka kurang antusias, sering mengantuk, dan tidak memperhatikan pelajaran. Untuk itu, diperlukan media pembelajaran interaktif seperti proyektor yang dapat menyajikan materi secara visual, sehingga membantu pemahaman siswa dalam memahami materi serta bisa meemberikan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana Desain dan Penggunaan Media Pembelajaran Proyektor mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan Minat Belajar siswa kelas VIIB Putri Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madinatul Ulum Jenggawah Jember? 2) Bagaimana efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Proyektor mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan Minat Belajar siswa kelas VIIB Putri Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madinatul Ulum Jenggawah Jember? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam Penggunaan Media Pembelajaran Proyektor mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan Minat Belajar siswa kelas VII B Putri Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madinatul Ulum Jenggawah Jember?.
Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menurut Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan dsata menggunakan triangulasi sumber dan teknik. 1). Penelitian ini memperoleh hasil bahwa penggunaan media ini dilakukan secara terjadwal dan disesuaikan dengan materi yang membutuhkan visualisasi agar lebih mudah dipahami siswa. 2). Penggunaan media ini terbukti efektif dilihat dari respon siswa saat pembelajaran. 3). Faktor pendukung yakni : ketersediaan sarana proyektor, kompetensi guru dalam penggunaan media, serta dukungan dari pihak sekolah. Faktor penghambat meliputi : kendala teknis seperti gangguan listrik dan terbatasnya fasilitas proyektor yang ada disekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Ely Rahmawati |
Date Deposited: | 29 Jun 2025 06:14 |
Last Modified: | 29 Jun 2025 06:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44336 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |