Fadholi, Fadholi (2025) PENGARUH PENERAPAN MEDIA GAME EDUCATION BERBASIS QUARTET CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP SISWA DI KELAS VII SMP 21 NU SYAMSUL ARIFIN CURAH KALONG BANGSALSARI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Fadholi_204101100008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam proses pembelajaran IPA di SMP 21 NU Syamsul Arifin Jember yaitu rendahnya hasil belajar siswa karena metode yang digunakan cenderung monoton dan kurang interaktif. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan media permainan edukatif berbasis Quartet Card dipilih karena diyakini mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam pembelajaran klasifikasi makhluk hidup.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh penggunaan media game education berbasis Quartet Card terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII SMP 21 NU Syamsul Arifin Curah Kalong Bangsalsari Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental) dan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII, dengan sampel penelitian sebanyak 50 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest menggunakan soal pilihan ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media game education berbasis Quartet Card memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup. Hal ini dibuktikan melalui pemberian pretest dan posttest kepada dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan media Quartet Card dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Rata-rata nilai pretest siswa kelas kontrol meningkat setelah perlakuan pada kelas eksperimen, sedangkan pada nilai posttest siswa kelas kontrol juga meningkat setelah perlakuan pada kelas eksperimen. Uji hipotesis dilakukan menggunakan Independent Sample T-Test, untuk pretest diketahui nilai signifikansinya (2-tailed) sebesar 0,837 > 0,05. Hal tersebut menyatakan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga tidak terdapat perbedaan kemampuan awal peserta didik yang terdapat di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan hasil uji hipotesis posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,001 < 0,05. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, hasil penelitian ini mendukung dan membuktikan bahwa terdapat pengaruh penerapan media permainan edukasi berbasis Quartet Card terhadap peningkatan hasil belajar siswa, khususnya dalam memahami materi klasifikasi makhluk hidup. Media ini efektif dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan mendorong pemahaman konseptual yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | FADHOLI |
Date Deposited: | 29 Jun 2025 09:15 |
Last Modified: | 29 Jun 2025 09:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |