PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARUTA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAGI SISWA KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH FATHUS SALAFI AJUNG JEMBER

Hidayati, Nurul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARUTA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAGI SISWA KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH FATHUS SALAFI AJUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI Nurul Hidayati 211101040020 WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Peneliti mengembangkan media Karuta dikarenakan dengan media ini peserta didik dituntut untuk merespon dengan cepat saat mengenali kartu yang sesuai, sehingga membantu dalam melatih kecepatan berpikir dan pengambilan keputusan.
Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Untuk menghasilkan desain produk media Karuta dalam memberikan pengajaran mengenai keterampilan membaca pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk peserta didik kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember (2) Mengetahui validitas pengembangan media Karuta mata pelajaran Bahasa Indonesia dan keterampilan membaca pada kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember (3) Untuk mengetahui hasil observasi peserta didik kelas 1 terhadap produk media Karuta dalam model pembelajaran Direct Instruction pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan membaca pada kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember.
Pengembangan media pembelajaran Karuta menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang menerapkan lima tahap: Analysisi, Design, development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa desain produk meliputi desain rancangan media Karuta, desain kartu yang berisi gambar dan juga desain balok abjad. Validitas produk berdasarkan penilaian dari tiga validator memperoleh skor masing-masing sebesar 85% dari ahli materi yang dikategorikan "sangat valid", 94% dari ahli media yang dikategorikan "sangat valid", dan 82% dari ahli bahasa yang dikategorikan "valid, ahli pembelajaran yaitu 91%, sedangkan hasil observasi yaitu 93%, dengan rata-rata keseluruhan nilai kevalidan sebesar 91% yang termasuk dalam kategori "sangat valid".

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Karuta, Direct Instruction, Membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Hidayati
Date Deposited: 29 Jun 2025 07:23
Last Modified: 29 Jun 2025 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44370

Actions (login required)

View Item View Item