Implementasi Pembelajaran IPA dengan Game Edukasi Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Abad 21 Siswa

Mashitoh, Ratih Dewi (2025) Implementasi Pembelajaran IPA dengan Game Edukasi Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Abad 21 Siswa. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI RATIH_212101100022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: game edukasi berbasis STEM, keterampilan berpikir kritis, keterampilan kolaborasi

Era adab 21 mendorong siswa untuk memiliki 4 keterampilan guna menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada penelitian ini fokus penelitian dilakukan hanya pada dua keterampilan yaitu keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi. Hal tersebut dilatar belakangi karena menyesuaikan pada karakteristik game edukasi yang digunakan serta keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian. Implementasi pembelajaran IPA dengan game edukasi berbasis STEM merupakan integrasi pembelajaran dengan cara yang unik melalui pendekatan STEM dengan bantuan aplikasi G3BS yang memunculkan tugas proyek yang diharapkan dapat melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa.
Penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yaitu 1) bagaimana implementasi pembelajaran IPA dengan game edukasi berbasis STEM untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa?, 2) bagaimana implementasi pembelajaran IPA dengan game edukasi berbasis STEM untuk melatih keterampilan kolaborasi siswa?.
Penelitian ini dilakukan di MTs N 5 Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan 3 Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, data display, penarikan kesimpulan. Subjek yang digunakan yaitu siswa dan guru IPA kelas VIII.
Data hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII C pada materi getaran dan gelombang teramati sebanyak 3 indikator dari 5 indikator keterampilan berpikir kritis. Sedangkan keterampilan kolaborasi yang teramati terdapat 3 indikator dari 3 indikator yang digunakan pada keterampilan kolaborasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: RATIH DEWI MASHITOH
Date Deposited: 29 Jun 2025 08:28
Last Modified: 29 Jun 2025 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44417

Actions (login required)

View Item View Item