IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MUTU BELAJAR PADA KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 LUMAJANG

Syah, Muhamad Fanandrian (2025) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MUTU BELAJAR PADA KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 LUMAJANG. Undergraduate thesis, universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD FANANDRIAN SYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kurikulum merdeka membuka ruang luas
bagi pembaruan metode pengajaran, terutama dalam mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti. Di SMP Negeri 3 Lumajang, inovasi ini
diwujudkan melalui penerapan model Problem Based Learning sebagai strategi
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui model ini, siswa tidak hanya
menerima materi secara pasif, tetapi terlibat aktif dalam proses pembelajaran
dengan memecahkan masalah yang berkaitan langsung dengan kehidupan dan nilainilai moral yang bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman lebih mendalam pada
pembentukan karakter religius.
Fokus penelitian ini yaitu 1.) bagaimana perencanaan implementasi model
Problem Based Learning dalam meningkatkan mutu belajar pada kurikulum
merdeka mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas VIII
di SMPN 3 Lumajang, 2.) bagaimana pelaksanaan implementasi model Problem
Based Learning dalam meningkatkan mutu belajar pada kurikulum merdeka mata
pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas VIII di SMPN 3
Lumajang, 3.) bagaimana evaluasi implementasi model Problem Based Learning
dalam meningkatkan mutu belajar pada kurikulum merdeka mata pelajaran
pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas VIII di SMPN 3 Lumajang.
Tujuan penelitian ini yaitu 1.) mendeskripsikan perencanaan implementasi model
Problem Based Learning dalam meningkatkan mutu belajar pada kurikulum
merdeka mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas VIII
di SMPN 3 Lumajang, 2.) mendeskripsikan pelaksanaan implementasi model
Problem Based Learning dalam meningkatkan mutu belajar pada kurikulum
merdeka mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas VIII
di SMPN 3 Lumajang, 3.) mendeskripsikan evaluasi implementasi model Problem
Based Learning dalam meningkatkan mutu belajar pada kurikulum merdeka mata
pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas VIII di SMPN 3
Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif melalui
teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman
yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada
keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dilakukan melalui tahapan
orientasi masalah, pembentukan kelompok, penelitian, presentasi hasil, dan analisis
solusi. Guru memanfaatkan modul ajar sebagai pedoman untuk menciptakan
pengalaman belajar yang aktif dan berarti. Meski memerlukan waktu dan persiapan
lebih intensif, metode ini terbukti meningkatkan keterlibatan siswa, kemampuan
memecahkan masalah, dan tanggung jawab siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muhamad fanandrian syah
Date Deposited: 29 Jun 2025 09:31
Last Modified: 29 Jun 2025 09:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44460

Actions (login required)

View Item View Item