Upaya Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka dengan 3 Bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab) menggunakan Media Poster pada Kelompok A di TK Al Hidayah II Jember

Alvina, Arilistiani (2025) Upaya Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka dengan 3 Bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab) menggunakan Media Poster pada Kelompok A di TK Al Hidayah II Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ALVINA ARILISTIANI WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Mengenalkan angka menggunakan 3 bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab) merupakan salah satu cara dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka agar anak bisa menyebutkan, mengingat, mengetahui jumlah serta mengerti bentuk angka. Di TK Al Hidayah II Jember menerapkan kebijakan sekolah sudah menetapkan kemampuan mengenal angka dalam 3 bahasa setiap harinya pada saat akan melakukan pembelajaran, angka yang dikenalkan yaitu 1-20. Melalui media poster yang dibuat oleh guru untuk menghindari anak yang mudah bosan.
Tujuan Penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka dengan 3 bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab) menggunakan media poster pada kelompok A di TK Al Hidayah II Jember. 2) Untuk mengetahui kemampuan mengenal angka dengan 3 bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab) setelah menggunakan media poster pada kelompok A di TK Al Hidayah II Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian subyek menggunakan teknik puposive sampling. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data melalui tiga tahapan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa upaya guru dalam mengenalkan angka kepada anak menggunakan media poster yang berdesain menarik dari segi warna, gambar ulat dipohon yang ditempelkan didalam kelas untuk dipakai pembiasaan rutin secara konsisten untuk membantu anak mengingat dan mengenalkan angka serta anak diajak untuk melihat, menyebutkan dan berinteraksi langsung dengan media poster. Peningkatan kemampuan mengenalkan angka sebelum dan sesudah kepada anak dari angka 1-20 menggunakan 3 bahasa menggunakan media poster yaitu 1) Dalam Bahasa Indonesia anak-anak mampu menyebutkan angka 1-20 dengan mudah dan lancar, 2) Dalam Bahasa Inggris anak-anak lancar menyebutkan angka 1-10 tetapi angka 11-20 perlu dituntun dari guru meskipun secara pelafalan relatif benar, 3) Dalam Bahasa Arab anak-anak lancar menyebutkan angka 1-10 namun untuk angka 11-20 perlu tuntunan intensif atau terus-menerus dan masih banyak yang belum tepat dalam pelafalannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ms alvina arilistiani
Date Deposited: 29 Jun 2025 09:38
Last Modified: 29 Jun 2025 09:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44466

Actions (login required)

View Item View Item