Kereta Api Sebagai Transportasi Barang Di Jember Tahun 1897-1940-an

Habibi, Miftakhul (2025) Kereta Api Sebagai Transportasi Barang Di Jember Tahun 1897-1940-an. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MIFTAKHUL KHOIRI HAMDAN HABIBI_211104040025_SPI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Jember pada masa kolonial Belanda berkembang dipengaruhi oleh
keberadaan perusahaan-perusahaan perkebunan milik pengusaha asing. Pada awal
abad ke-19, sebagian besar wilayah Jember belom dimanfaatkan sepenuhnya.
Pemukiman-pemukiman masyarakat yang masih jarang dan sebagian besar
wilayahnya masih berupa hutan. Pada pertengahan hingga akhir abad ke-19 mulai
perlahan berdiri perusahaan-perusahaan perkebunan miliki asing. Meningkatnya
pembukaan lahan perkebunan di Jember, juga meningkatkan kebutuhan sarana dan
prasarana transportasi, khususnya sebagai angkutan barang. Dengan begitu pada
tahun 1893, pemerintah Hindia-Belanda membangun jalur kereta api mulai dari
Probolinggo-Klakah-Jember-Panarukan,
Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini fokus kepada bagaimana sejarah
berdirinya jalur kereta api di Jember pada masa kolonial Belanda?, dan bagaimana
peran kereta api sebagai transportasi angkutan barang di Jember tahun 1897-1940
an?
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui dan memahami sejarah
berdirinya jalur kereta api di Jember pada masa kolonial dan peran kereta api
sebagai transportasi angkutan barang di Jember dalam kurun tahun 1897-1940-an.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah milik Kuntowijoyo
dengan tahapan pemilihan topik, heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan
historiografi. Peneliti menggunakan teori distribusi milik Suryanto, dimana
transpotasi khususnya kereta api menjadi salah satu sarana paling efektif dan
efesien sebagai angkutan barang. Selain itu peneliti juga menggunakan konsep dari
Andriansyah tentang transportasi yang merupakan tulang punggung ekonomi
nasional, daerah dan lokal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa keberadaan jalur kereta
api di wilayah Jember dibangun oleh perusahaan kereta api milik negara
Staatsspoorwegen pada tahun 1893 dan selesai dibangun pada 1897. Operasional
jalur kereta api di Jember memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap
perekonomian Jember. Mulai dari banyak berdirinya perusahaan-perusahaan
perkebunan baru di Jember pada kurun tahun 1906-1910, yang setidaknya terdapat
14 perusahaan perkebunan. Keberadaan perusahaan perkebunan tersebut
mengakibatkan pembukaan lapangan perkejaan baru kepada masyarakat. Selain itu,
dampak lainya juga merambah ke proses pendistribusian barang-barang hasil
produksi di Jember hingga ke pasar internasional.
Kata Kunci: Kereta Api, Distribusi, Barang, Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Mr Miftakhul Habibi
Date Deposited: 29 Jun 2025 09:41
Last Modified: 29 Jun 2025 09:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44467

Actions (login required)

View Item View Item