Pemanfaatan Situs Batu Gong sebagai Sumber Belajar Kontekstual dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Plus Modal Bangsa Rambipuji Jember

Husaeniyah AZ, Marwiyatil (2025) Pemanfaatan Situs Batu Gong sebagai Sumber Belajar Kontekstual dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Plus Modal Bangsa Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
211101090039_MARWIYATIL HUSAENIYAH AZ.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Marwiyatil Husaeniyah AZ, 2025: Pemanfaatan Situs Batu Gong sebagai Sumber Belajar Kontekstual dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Plus Modal Bangsa Rambipuji Jember.

Kata Kunci: Pemanfaatan Situs Batu Gong, Sumber Belajar Kontekstual, Pembelajaran IPS

Situs Batu Gong, sebagai salah satu peninggalan budaya megalitikum di Jember yang kaya akan warisan sejarah, memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Plus Modal Bangsa Rambipuji Jember. Situs Batu Gong memeiliki relevansi dengan kurikulum dan materi pelajaran sejarah pada kelas VII semester gasal tingkat SMP.
Situs Batu Gong sebagai warisan budaya lokal memiliki potensi yang signifikan untuk dijadikan sumber belajar kontekstual bagi siswa. Fokus penelitian pada skripsi ini, yaitu: 1) Nilai sejarah Situs Batu Gong sebagai sumber belajar kontekstual dalam pembelajaran IPS di SMP Plus Modal Bangsa Rambipuii Jember, 2) Strategi pemanfaatan Situs Batu Gong sebagai sumber belajar kontekstual dalam pembelajaran IPS di SMP Plus Modal Bangsa Rambipuji Jember. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan nilai sejarah Situs Batu Gong sebagai sumber belajar kontekstual dalam pembelajaran IPS di SMP Plus Modal Bangsa Rambipuji Jember, 2) Mendeskripsikan strategi pemanfaatan Situs Batu Gong sebagai sumber belajar kontekstual dalam pembelajaran IPS di SMP Plus Modal Bangsa Rambipuji Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Situs Batu Gong memiliki nilai sejarah yang mencerminkan kehidupan masyarakat masa lalu, kepercayaan dan identitas budaya masyarakat masa lalu, menjadikannya relevan dengan materi IPS kelas VII, khususnya sejarah lokal. Dengan lokasi yang strategis, situs ini dapat dimanfaatkan melalui kegiatan observasi langsung dan pembelajaran berbasis lingkungan. 2) Strategi pemanfaatan Situs Batu Gong dilakukan dengan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum IPS. Guru merancang modul ajar berbasis sejarah lokal yang mencakup pendekatan kontekstual. Pembelajaran dimulai di kelas dengan pengantar materi, diikuti dengan studi lapangan ke situs tersebut. Siswa dibagi dalam kelompok untuk melakukan pengamatan, wawancara kepada pengelola situs. Hasil kunjungan kemudian disusun dalam laporan, didiskusikan, dan dipresentasikan di kelas, hal ini dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan rasa cinta terhadap sejarah serta budaya lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210108 Historical Archaeology (incl. Industrial Archaeology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Marwiyatil Husaeniyah AZ
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:28
Last Modified: 30 Jun 2025 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44486

Actions (login required)

View Item View Item