Rendi Hidayatullah, Muhammad (2025) STRATEGI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI RENDI .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Muhammad Rendi Hidayatullah, 2025: Strategi Pengelolaan Perpustakaan Dalam Membangun Budaya Literasi Siswa di MAN 2 Jember
Kata Kunci : Strategi Pengelolaan Perpustakaan , Budaya Literasi Siswa
Penelitian ini membahas mengenai strategi pengelolaan perpustakaan dalam membangun budaya literasi siswa di MAN 2 Jember. Penelitian ini dilakukan karena ada tahap pengelolaannya yang menarik dan sedikit berbeda dari biasanya, sebuah perpustakaan sangat menentukan sehat tidaknya sistem dalam lembaga pendidikan.
Adapun fokus dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana strategi perpustakaan dalam membangun budaya literasi siswa di MAN 2 Jember?
2) Bagaimana pengelolaan perpustakaan di MAN 2 Jember?
Adapun tujuan penelitian ini diantaranya adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan di MAN 2 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan strategi perpustakaan dalam membangun budaya literasi siswa di MAN 2 Jember.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitianya menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yakni Data Collection (Pengumpulan Data) Data Condensation (Kondensasi Data), Data Display (Penyajian Data) Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Adapun hasil penelitian ini 1)Strategi perpustakaan dalam membangun budaya literasi siswa di MAN 2 Jember, hal ini dapat dilihat dari adanya strategi perpustakaan MAN 2 Jember itu sendiri, dimana ada program yang diadakan di MAN 2 Jember, diantaranya a) Gerakan Literasi Siswa (GLS) b) Pojok Baca, c) Lomba Menulis. Tidak hanya difokuskan pada aspek administrasi, tetapi juga diarahkan untuk mendukung dan membentuk budaya literasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat empat upaya strategi utama yang dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu diantaranya : a) penyediaan pojok literasi, b) pengadaan koleksi yang relevan, c) penciptaan lingkungan belajar yang nyaman, dan d) penyelenggaraan kegiatan edukatif. 2) Strategi pengelolaan perpustakaan di MAN 2 Jember dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga tahapan ini dijalankan secara berkesinambungan dan saling mendukung untuk mencapai tujuan dari strategi pengelolaan perpustakaan yang efektif dan mendukung kegiatan literasi di lingkungan madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mohammad Rendi Hidayatullah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 04:06 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 04:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |