Pengembangan LKPD STEM PjBL Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Hukum Archimedes Di SMP PLUS Al-Mubarok Kalisat Jember.

ibad, irsyadul (2025) Pengembangan LKPD STEM PjBL Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Hukum Archimedes Di SMP PLUS Al-Mubarok Kalisat Jember. Undergraduate thesis, universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI IBAD wm (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep peserta didik terhadap materi Hukum Archimedes di SMP Plus Al-Mubarok menjadi dasar perlunya pengembangan media pembelajaran yang kontekstual dan inovatif. Pemahaman konsep sains peserta didik di SMP Plus Al Mubarok tergolong rendah, terlihat dari rata-rata hasil belajar satu semester yang hanya 65,5. Hal ini dipengaruhi dominasi metode ceramah, terbatasnya fasilitas praktikum, dan kurang optimalnya penggunaan LKPD sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menilai tingkat validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM dengan model project-Based Learning (PjBL) pada materi Hukum Archimedes untuk meningkatkan pemahaman konsep Hukum Archimedes. 2) mengindentifikasi tingkat kepraktisan penggunaan LKPD STEM PjBL dalam membantu meningkatkan pemahaman Hukum Archimedes. 3) menganalisis efektivitas pemanfaatan LKPD STEM PjBL dalam membantu meningkatkan pemahaman konsep Hukum Archimedes.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. LKPD ini dirancang untuk membantu siswa memahami konsep Hukum Archimedes secara mendalam dan bermakna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat validitas LKPD berdasarkan penilaian ahli materi, media, dan praktisi memperoleh skor rata-rata 91,5% yang termasuk dalam kategori “sangat valid”; (2) Hasil uji kepraktisan oleh peserta didik menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 84,5% dengan kategori "menarik"; dan (3) Uji efektivitas menunjukkan peningkatan skor rata-rata pemahaman konsep dari pretest sebesar 29 menjadi 59 pada posttest, dengan nilai N-Gain sebesar 0,42 yang termasuk dalam kategori "sedang".Pengembangan LKPD ini memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan aplikatif. Melalui proyek pembuatan kapal selam sederhana, siswa tidak hanya memahami teori Hukum Archimedes, tetapi juga dapat mengaplikasikan konsep tersebut dalam kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020303 Fluid Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: irsyadul ibad
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:24
Last Modified: 30 Jun 2025 04:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44555

Actions (login required)

View Item View Item