Qomariah, Siska Nurul (2025) Penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan semangat belajar furudhul ainiyah siswa autis di sekolah luar biasa negeri branjangan patrang jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Siska Nurul Qomariah_212101010080_Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Furudhul Ainiyah Siswa Autis di Sekolah Lur Biasa Negeri Branjangan Patrang Jember.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Audiovisual, Semangat Belajar Furudhul Ainiyah, Siswa Autis
Penelitian ini berangkat dari rendahnya semangat belajar siswa autis dalam mempelajari dasar dan nilai-nilai keagamaan. Siswa tidak menunjukkan minat dalam pembelajaran maupun kegiatan Furudhul Ainiyah. Menyadari hal tersebut, guru mencari solusi dan menemukan bahwa siswa autis tertarik pada media elektronik. Oleh karena itu, guru mengembangkan kembali media yang digunakan dengan memanfaatkan media audiovisual guna meningkatkan semangat belajar siswa autis.
Fokus penelitian dalam skripsi ini diantaranya: 1) Bagaimana penggunaan media audio visual untuk meningkatkan antusiasme dalam semangat belajar Furudhul Ainiyah siswa autis di SLB Negeri Branjangan? 2) Bagaimana penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kedisiplinan dalam semangat belajar Furudhul Ainiyah siswa autis di SLB Negeri Branjangan? 3) Bagaimana penggunaan media audio visual untuk meningkatkan keaktifan dalam semangat belajar Furudhul Ainiyah siswa autis di SLB Negeri Branjangan?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan antusiasme dalam semangat belajar Furudhul Ainiyah siswa autis di SLB Negeri Branjangan. 2) Mendeskripsikan bagaimana penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan kedisiplinan dalam semangat belajar Furudhul Ainiyah siswa autis di SLB Negeri Branjangan. 3) Mengetahui bagaimana penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan keaktifan dalam semangat belajar Furudhul Ainiyah siswa autis di SLB Negeri Branjangan.
Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berlangsung di SLB Negeri Branjangan Jember. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan teori Miles, Huberman, dan Saldana yang tahapannya data dikumpulkan, dikondensasikan, disajikan, dan ditarik kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang didapat dalam penelitian ini yakni: 1) Penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan semangat belajar Furudhul Ainiyah dari aspek antusiasme yakni dengan penayangan PowerPoint dan penayangan video animasi terkait materi tausiyah. 2) Penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan semangat belajar Furudhul Ainiyah dari aspek kedisiplinan yakni dengan pemutaran audio Asmaul Husna dan sholawat di speaker sekolah dan penayangan video Asmaul Husna dan sholawat di layar proyektor. 3) Penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan semangat belajar Furudhul Ainiyah dari aspek keaktifan yakni dengan menggunakan PowerPoint interaktif dalam sesi kuis untuk menampilkan soal dan instruksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siska Nurul Qomariah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 04:40 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 04:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |