MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PRIMA DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ULUL ALBAB KALIWATES JEMBER TAHUN 2024 - 2025

Jennah, Siti Nurul (2025) MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PRIMA DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ULUL ALBAB KALIWATES JEMBER TAHUN 2024 - 2025. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS SITI NURUL JANNAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kata kunci: Manajemen Tata Usaha, Layanan Prima
Manajemen tata usaha memiliki peran strategis dalam mendukung
kelancaran operasional dan pelayanan di lembaga pendidikan. Pelayanan yang
berkualitas tidak hanya bergantung pada proses belajar mengajar, tetapi juga pada
sistem administrasi yang tertata rapi, cepat, dan responsif. Oleh karena itu,
pengelolaan tata usaha yang baik menjadi kunci dalam mewujudkan layanan
prima. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah bagaimana manajemen tata usaha
dapat dioptimalkan guna meningkatkan mutu layanan di lingkungan pendidikan.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan Manajemen Tata Usaha
sekolah dalam meningkatkan Layanan Prima di Yayasan Pendidikan Islam Ulul
Albab Kaliwates Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan Manajemen Tata Usaha
sekolah dalam meningkatkan Layanan Prima di Yayasan Pendidikan Islam Ulul
Albab Kaliwates Jemberr? 3) Bagaimana evaluasi Manajemen Tata Usaha sekolah
dalam meningkatkan Layanan Prima di Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab
Kaliwates Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Lokasi penelitian ini bertempat di Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab
Kaliwates Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi
dan dokumentasi, analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini 1) Perencanaan Manajemen Tata Usaha Dalam
Meningkatkan Layanan Prima Di Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab dimulai
dari proses rekrutment, pelatihan, pembuatan SOP dan rapat koordinasi 2)
Pelaksanaan Manajemen Tata Usaha Dalam Meningkatkan Layanan Prima Di
Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab terdiri dari dua segmen yakni pelayanan
secara luring (lisan) dan pelayanan daring (digital). Adapun beberapa pelayanan
yang dilaksanakan secara digital yakni, manajemen kehadiran tenaga pendidik,
PPDB, surat menyurat, website dan call center, pembayaran SPP menggunakan
IDN dan pendaftaran, gaji guru serta buku induk yang terintegrasi dengan
teknologi digital. Lalu kesiapan infrastruktur menjadi faktor yang paling
diutamakan dan di perbarui dalam menunjang berjalannya proses pelayanan
digital. 3) Evaluasi Manajemen Tata Usaha Dalam Meningkatkan Layanan Prima
Di Yayasan Pendidikan Islam Ulul Albab terbagi menjadi tiga segmen, yakni
evaluasi dengan yayasan yang adakan seminggu sekali, kedua evaluasi dengan
kepala sekolah yang diadakan setiap hari dan setiap minggu serta yang ketiga
evaluasi dengan internal tata usaha yang diadakan setiap bulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Meningkatk Siti Nurul Jennah
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:49
Last Modified: 30 Jun 2025 04:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44571

Actions (login required)

View Item View Item