Zakiyah, Afiefatuz (2025) Implementasi Evaluasi Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Berbasis Learning Management System (LMS) Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI AFIEFATUZ ZAKIYAH 212101010097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong institusi pendidikan, termasuk madrasah, untuk mengintegrasikan sistem digital dalam proses pembelajaran, salah satunya melalui penggunaan Learning Management System (LMS). Di MAN 1 Jember, LMS dimanfaatkan tidak hanya untuk menyampaikan materi, tetapi juga dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Konteks ini menjadi penting untuk diteliti guna mengetahui sejauh mana perencanaan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan melalui LMS.
Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan evaluasi pembelajaran Al-Qur'an Hadis berbasis Learning Management System (LMS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember ?; 2) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran Al-Qur'an Hadis berbasis Learning Management System (LMS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan evaluasi pembelajaran Al-Qur'an Hadis berbasis Learning Management System (LMS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran Al-Qur'an Hadis berbasis Learning Management System (LMS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari Kondensasi data yaitu proses pemilihan, pemustan perhatian pada penyederhanaan, kemudian penyajian data, dan yang terakhir penarikan keimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan evaluasi pembelajaran dilakukan secara sistematis dengan langkah-langkah seperti penentuan tujuan evaluasi, penyusunan kisi-kisi soal, telaah soal, dan penyusunan soal. Namun, tahapan uji coba dan revisi soal belum dilakukan secara maksimal karena keterbatasan waktu dan kebijakan madrasah; 2) Pelaksanaan evaluasi dilakukan melalui platform LMS Moodle, yang dinilai praktis dan efisien oleh guru dan siswa. Proses evaluasi mencakup penyajian soal secara daring, pemeriksaan otomatis, pengolahan hasil, serta pelaporan nilai secara langsung melalui sistem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Afiefatuz Zakiyah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:29 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 06:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |