PELANGGARAN ETIKA DALAM PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (Analisis Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Masrura, Ina Fadlilatul (2025) PELANGGARAN ETIKA DALAM PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (Analisis Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INA FADLILATUL MASRURA 214101010009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) membawa pengaruh signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses penulisan karya ilmiah. Di satu sisi, AI mempermudah mahasiswa dalam mencari informasi dan menyusun tulisan akademik, namun di sisi lain, penggunaannya yang tidak etis dapat mengancam integritas akademik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya penggunaan AI, seperti ChatGPT dan QuillBot, oleh mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk menyelesaikan tugas dan skripsi secara instan, tanpa mempertimbangkan nilai-nilai kejujuran dan tanggung jawab yang menjadi bagian dari etika akademik dan nilai-nilai Islam.
Fokus penelitian dalam penelitian ini mencakup: (1) bagaimana bentuk pelanggaran etika dalam penggunaan AI mahasiswa PAI pada penulisan karya ilmiah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, dan (2) bagaimana langkah pencegahan yang dilakukan oleh dosen untuk meminimalisir pelanggaran tersebut.
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan bentuk pelanggaran etika menggunakan AI mahasiswa PAI dalam penulisan karya ilmiah, (2) mendeskripsikan upaya pencegahan pelanggaran etika menggunakan AI dalam penulisan karya ilmiah mahasiswa PAI di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Metode yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi pada mahasiswa PAI yang dilakukan di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pada penelitian ini, menggunakan metode teknik analisis data seperti yang dijelaskan oleh Miles, Huberman, dan Saldana yang mana meliputi: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Informan penelitian terdiri dari mahasiswa, dosen PAI, dan pejabat fakultas terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelanggaran etika yang umum terjadi meliputi: (1) plagiarisme dari AI, ketergantungan berlebihan, pencurian ide, penggunaan AI yang tidak etis, ketidaksesuaian dengan penulisan dan pelanggaran hak cipta. Sementara itu, upaya pencegahan yang bisa dilakukan oleh dosen meliputi: (2) memberikan edukasi dan kesadaran etika terhadap mahasiswa, regulasi dan kebijakan dari institusi akademik, bimbingan dari dosen, alat deteksi plagiarisme AI, pengembangan pedoman Artificial Intelligence (AI), serta melakukan sanksi akademik terhadap mahasiswa yang ditemukan melanggar etika penulisan karya ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. ina fadilah
Date Deposited: 30 Jun 2025 06:33
Last Modified: 30 Jun 2025 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44579

Actions (login required)

View Item View Item