Afrida, Khasbiyani Nur (2025) UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS MENGGUNAKAN TEHNIK USAP ABUR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B4 DI TK DARUS SHOLAH TEGAL BESAR JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
KHASBIYANI NUR AFRIDA 201101050001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Khasbiyani Nur Afrida, 2024 : Upaya Pengembangan Kreativitas Menggunakan
Tehnik Usap Abur Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Darus Sholah Tegal Besar
Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Pengembangan Kreativitas, Teknik Usap Abur
Pengembangan kreativitas anak usia dini merupakan pengembangan yang
mana anak atau peserta didik yang semula belum mengenal apa pun, menjadi
mengenal segala hal. Dengan adanya pengembangan kreativitas ini, anak dapat
mengenal, mengeksplor, mengekspresikan dirinya melalui beberapa kegiatan yang
dapat meningkatkan pola pikir, sensori motorik, serta kecerdasan pada otak anak.
Ada beberapa kegiatan yang dapat membantu meningkatkan pengembangan
krativitas pada anak usia 5-6 tahun, yaitu dengan teknik usap abur.
Fokus masalah pada penelitian ini adalah mencakup pada anak usia 5-6
tahun di TK Darus Sholah kelompok B4 diantaranya sebagai berikut : 1)
Bagaimana upaya pengembangan kreativitas pada anak melalui tehnik usap abur?.
2) Bagaimana faktor hambatan dan faktor pendukung pada pengembangan
kreativitas pada anak melalui tehnik usap abur?
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mendeskripskan Upaya
pengembangan kreativitas pada anak melalui tehnik usap abur. 2) Mendeskripskan
faktor hambatan dan faktor pendukung pengembangan kreativitas pada anak
melalui tehnik usap abur.
Penelitianan ini menggunakan pendendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di TK Darus Sholah. Subjek dalam
penelitian ini adalah diantara lain kepala sekolah, Guru kelas Kelompok B4, Guru
yang berpengalaman mengunakan teknik usap abur, dan murid kelompok B4.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teori dari Miles,
Huberman dan Saldana, diantaranya kondensasi data, penyajian data serta
Kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi Teknik.
Hasil penelitian yang didapat yaitu : 1) Upaya menggunakan teknik usap
abur meliputi menentukan gambar, menyiapkan bahan seperti crayon, mengusap
dengan jari, mendemonstrasikan kegiatan, dan mengembangkan kreativitas. 2)
Faktor penghambatnya adalah beberapa anak mengalami stimulasi lambat, kurang
penekanan saat mengusap dan gagal fokus saat kegiatan dimulai. Sedangkan
faktor pendukungnya adalah pendampingan guru, pengawasan, dan tidak
memaksakan kehendak anak. Teknik ini efektif bagi anak usia 5-6 tahun. Jika ada
anak yang belum paham, guru bisa mengulangi kegiatan di minggu berikutnya
dengan tema berbeda agar kreativitas anak meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190499 Performing Arts and Creative Writing not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Khasbiyani Nur Afrida |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:21 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 07:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |