Alwi, Eka (2025) Pengembangan bahan ajar ilmu pengetahuan sosial berbasis pembelajaran Berdiferensiasi untuk siswa kelas VII di sekolah menengah pertama Al-Furqan Jember. Undergraduate thesis, UIN kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
watermak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Eka Masruroh Alwi, 2025: Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Al-Furqan Jember.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembelajaran Berdiferensiasi
Pendidikan berperan penting dalam pengembangan kualitas manusia. Untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia, pemerintah meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar yang mengubah cara pandang guru terhadap kemampuan siswa, dengan menekankan berpikir kritis dan kreatif. Implementasi Kurikulum Merdeka memberi kebebasan bagi siswa untuk mengembangkan potensi diri mereka. Namun, penerapan bahan ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di beberapa sekolah, termasuk SMP Al-Furqan Jember, masih menemui kendala, terutama dalam menyesuaikan pembelajaran dengan gaya belajar siswa.
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan sebagai berikut (1) Untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar ilmu pengetahuan sosial berbasis pembelajaran berdiferensiasi di SMP Al-Furqan Jember. (2) Untuk mengetahui kevalidan bahan ajar ilmu pengetahuan sosial di SMP Al – Furqan Jember. (3) Untuk mengukur kelayakan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi di SMP Al-Furqan Jember.
Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dissemination). Subjek penelitian ini adalah tiga validator yang terdiri dari validator kevalidan (tim ahli yaitu tiga dosen). Data diambil menggunakan lembar angket validasi dengan teknik analisis kuantitatif (presentase) dan kualitatif (komentar, kritik, dan saran).
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti, diperoleh hasil uji validasi dari ketiga validator diantaranya, validator media 92,5% (sangat valid), validator materi 80% (valid), validator bahasa 92,5% (sangat valid). Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ilmu pengetahuan sosial berbasis pembelajaran berdiferensiasi dinyatakan valid
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Depositing User: | Eka Masruroh Alwi |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:51 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 06:51 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
