Zasqia, Noer Aliyah (2025) PENGARUH PENGUNAAN MEDIA SOSIAL, LAYANAN DOMPET DIGITAL, DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) KIAI ACHMAD SIDDIQ (KHAS) JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI ZASQIA NOER ALIYAH WM.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Zasqia Noer Aliyah, 2025: Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Layanan dompet
Digital, dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai
Achmad Siddiq (KHAS) Jember
Kata Kunci: media sosial, layanan dompet digital, literasi keuangan syariah,
perilaku konsumtif.
Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan seseorang berperilaku
berlebihan dalam membeli sesuatu atau membeli secara tidak terencana. Perilaku
konsumtif mahasiswa bisa dipengaruhi oleh penggunaan media sosial, layanan
dompet digital sebagai kemudahan bertransaksi, dan minim nya penerapan
pemahaman tentang literasi keuangan syariah. Fenomena penggunaan media
sosial, layanan dompet digital, dan literasi keuangan syariah adalah topik yang
sangat menarik untuk diteliti, terutama dikalangan mahasiswa.
Rumusan masalah: 1) bagaimana pengaruh penggunaan media sosial
terhadap perilaku konsumtif mahasiswa? 2) Bagaimana pengaruh layanan dompet
digital terhadap perilaku konsumtif mahasiswa? 3) Bagaimana pengaruh literasi
keuangan syariah terhadap perilaku konsumtif mahasiswa? 4) Bagaima pengaruh
penggunaan media sosial, layanan dompet digital, dan literasi keuangan syariah
terhadap perilaku konsumtif mahasiswa?
Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh pengunaan media sosial
terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh layanan
dompet digital terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 3) Untuk mengetahui
pengaruh literasi keuangan syariah terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 4)
Untuk mengetahui pengaruh pengunaan media sosial, layanan dompet digital, dan
literasi keuangan syariah terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang
digunakan deskriptif. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling dengan total sampel 125 responden. Analisis data menggunakan uji
validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, analisis
koefisien determinasi, uji parsial atau uji t, dan uji simultan atau uji F.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa 1) Media sosial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 2) Layanan dompet
digital berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif
mahasiswa. 3) Literasi keuangan syariah berpengaruh negatif dan tidak signifikan
terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 4) Variabel penggunaan media sosial,
layanan dompet digital, dan literasi keuangan syariah mempunyai pengaruh
signifikan secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting |
Depositing User: | Zasqia Noer Aliyah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:47 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 07:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |