Muhammad Syaiful Islam, Al-Ghozi (2025) Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Shape And Shape Di Kelas VIII E UPT SMP Negeri 13 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Muhammad syaiful Islam Al-Ghozi_211101070035 (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (44MB) |
Abstract
Al-Ghozi, Muhammad Syaiful Islam, 2025: Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Shape And Shape Di Kelas VIII E UPT SMP Negeri 13 Gresik.
Kata Kunci: Literasi matematika, Gaya kognitif, Konten space and shape.
Penyelesaian permasalahan matematika tentunya akan melatih peserta didik untuk mengembangkan kemampuan literasi matematis. Setiap siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika ada yang langsung memahami suatu konsep matematika dengan cara membaca saja, ada yang juga harus memperhatikan guru ketika menjelaskan. Perbedaan tersebut adalah perbedaan yang dipengaruhi oleh gaya kognitif.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana literasi matematis siswa gaya kognitif Field Dependent dalam menyelesaikan soal PISA konten space and shape di Kelas VIIIE UPT SMP Negeri 13 Gresik? 2) Bagaimana literasi matematis siswa gaya kognitif Field Independent dalam menyelesaikan soal PISA konten space and shape di Kelas VIIIE UPT SMP Negeri 13 Gresik?
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan literasi Maternatıs Siswa Gaya Kognitif Field Dependent dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten space and shape di Kelas VIIIE UPT SMP Negeri 13 Gresik? 2) Untuk mendeskripsikan Literasi Matematis Siswa Gaya Kognitif Field Independent Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten space and shape di Kelas VIIIE UPT SMP Negeri 13 Gresik?
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen yang digunakan adalah soal tes GEFT (Group Embedded Figure Test), tes kemampuan literasi matematis, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian yang diambil adalah 2 siswa dengan gaya kognitif Field Dependent dan 2 siswa dengan gaya kognitif Field Independent. Untuk triangulasi, penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber yang kemudian dianalisis dengan teknik. Analisis data Milles, Hubberman dan Saldana.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa :1) Siswa dengan gaya kognitif field dependent memenuhi dua indikator kemampuan literasi matematika yaitu merumuskan dan menerapkan. 2) Siswa dengan gaya kognitif field independent memenuhi seluruh indikator kemampuan literasi matematika yaitu merumuskan, menerapkan dan menafsirkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160301 Family and Household Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | MR Muhammad Syaiful Islam Al-Ghozi |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:57 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |