Avif Fauzia, Melinda (2025) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR POP UP BOOK SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF PADA ANAK DI TK DHARMA WANITA AJUNG JEMBER TAHUN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH.ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Melinda Avif Fauzia_211101050008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Kata kunci: Pengembangan, Buku Cerita Bergambar Pop Up Book, Aspek
Kognitif, Anak Usia Dini.
Pendidikan anak usia dini sangat berperan penting dalam menstimulasi
potensi, membangun motivasi, serta mengembangkan kecerdasan dan kepribadian
secara optimal. Stimulasi yang diperlukan salah satunya melalui media
pembelajaran interaktif agar tujuan pembelajaran tercapai dengan optimal. Hasil
observasi di TK Dharma Wanita Ajung , menujukkan bahwa masih ada anak yang
belum optimal dalam berpikir kritis dan logis, seperti mengenal tentang macam�macam serangga, dan warna serangga sehingga perlu dikembangkan media
pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan aspek kognitif pada anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:1) bagaimana proses
pengembangan buku cerita bergambar pop up book sebagai bahan ajar untuk
meningkatkan aspek kognitif anak usia dini? 2) bagaimana kelayakan buku cerita
bergambar pop up book sebagai bahan ajar untuk meningkatkan aspek kognitif
pada anak? 3) bagaimana keefektifan buku cerita bergambar pop up book sebagai
bahan ajar untuk meningkatkan aspek kognitif pada anak?
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Untuk mengetahui
bagaimana proses pengembangan buku cerita bergambar pop up book sebagai
bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. 2) Untuk mengetahui
sejauh mana kelayakan buku cerita bergambar pop up book sebagai bahan ajar
dalam meningkatkan kemampuan kognitif. 3) untuk mengetahui keefektifan
penggunaan buku cerita bergambar pop up book sebagai bahan ajar dalam
meningkatkan kemampuan kognitif anak.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D).
Dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, angket/kuesioner, tes, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis secara
kualitatif dan kuantitatif. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli
materi pembelajaran, dengan subjek penelitian peserta didik kelompok B TK
Dharma Wanita Ajung.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Media yang dikembangkan berupa buku
cerita bergambar berbentuk pop up book ini menampilkan berbagai macam
serangga disertai dengan cerita menarik tentang masing-masing serangga, melalui
gambar dan cerita tersebut, anak-anak usia 5-6 tahun dapat mengembangkan
kemampuan kognitif. 2) Tingkatan kelayakan 3 validasi memperoleh 89,5% yang
menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar pop up book termasuk dalam
kategori sangat layak untuk digunakan. 3) Uji efektivitas menujukkan rata-rata
keberhasilan siswa sebesar 88% termasuk dalam kategori layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ms Melinda Avif Fauzia |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:21 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |