Muttaqin, Moch. Nurhidayatul (2025) Optimalisasi Pembelajaran Kitab Kuning dengan Metode Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Moch._Nurhidayatul_Muttaqin_tesis.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Moch. Nurhidayatul Muttaqin, 2025. Optimalisasi Pembelajaran Kitab Kuning dengan Metode Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Pembimbing 1: Dr. H. Mustajab, S.Ag, M.Pd.I Pembimbing 2: Dr. H. Mas’ud, S.Ag, M.Pd.I
Kata Kunci: Optimalisasi, Pembelajaran kitab kuning, metode Nubdzatul Bayan
Pembelajaran Kitab kuning merupakan salah satu elemen penting dalam dunia pesantren. Adapun fenomena yang terjadi di pesantren ternyata masih banyak santri kesulitan dalam membaca kitab kuning. Oleh sebab itu penting sekali pengunaan metode yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Metode Nubdzatul Bayan merupakan metode yang berisi materi dan kaidah-kaidah dasar dalam mempelajari kitab kuning. Dengan adanya metode Nubdzatul Bayan ini, santri lebih mudah dalam memahami dan mengimplementasikan kaidah-kaidah bahasa Arab ke dalam pembacaan dan pemahaman kitab kuning secara efektif.
Fokus penelitian ini ialah (1) Bagaimana Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran kitab kuning dengan metode Nubdzatul Bayan Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember. (2) Bagaimana Implikasi pembelajaran kitab kuning dengan metode Nubdzatul Bayan Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember. (3) Bagaimana Problem pembelajaran kitab kuning dengan metode Nubdzatul Bayan Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) Bagaimana Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran kitab kuning dengan metode Nubdzatul Bayan Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember. (2) Bagaimana Implikasi pembelajaran kitab kuning dengan metode Nubdzatul Bayan Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember. (3) Bagaimana Problem pembelajaran kitab kuning dengan metode Nubdzatul Bayan Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara serta kajian dokumen. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan memverivikasi Kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi Teknik serta member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang terstruktur. pembelajaran telah berlangsung secara sistematis, aplikatif dan kontekstual. (2) Metode Nubdzatul Bayan memberikan dampak positif berupa efisiensi waktu, kemudahan pemahaman materi, serta peningkatan kedisiplinan dan partisipasi santri dalam proses belajar. (3) Meski terdapat kendala seperti variasi kemampuan santri, hambatan tersebut dapat diatasi dengan strategi edukatif yang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Nubdzatul Bayan merupakan alternatif pembelajaran kitab kuning yang efektif dan relevan dengan karakteristik pesantren masa kini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nurhidayatul Muttaqin |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:59 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |