Herawati, Reyna Dwi (2025) Penerapan Buku Saku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X Tentang Praktik Thaharah di SMA Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Reyna Dwi Herawati_211101010031______.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan ketertarikan penulis karena mengetahui bahwa di SMA Negeri 5 Jember terdapat suatu permasalahan pada peserta didik yang dimana permasalahan tersebut kurangnya pemahaman peserta didik
terhadap tatacara berthaharah yang benar sehingga dari permasalahan tersebut seluruh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bersepakat untuk membuat khusus buku yang mempelajari mengenai praktik-praktik ibadah dan dipelajari diluar pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara umum.
Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pendekatan penerapan buku saku Pendidikan Agama Islam dan budi Pekerti Untuk MeningkatkanPemahaman Siswa Kelas X Tentang praktik Thaharah di SMA Negeri 5 Jember? 2).Bagaimana Model Penerapan Buku Saku Pendidikan Agama Islam dan budi Pekerti Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X Tentang praktik Thaharah di SMA Negeri 5 Jember?. 3). Bagaimana Evaluasi
Penerapan Buku Saku Pendidikan Agama Islam dan budi Pekerti Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X Tentang praktik Thaharah di SMA Negeri 5 Jember?
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini dilaksanakan pada kelas X di SMA Negeri 5 Jember, Teknik Pengumpulan data yaitu dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara semi struktur dan dokumentasi, Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik interaktif miles and hubermand, uji keabsahan data pada penelitian ini triangulasi sumber dan triangulasi data.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Pendekatan Penerapan Buku Saku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X Tentang Praktik Thaharah di SMA Negeri 5 Jember, Pada penggunaan pendekatan guru menggunakan pendekatan interaktif yang dimana dengan menggunakan pendekatan ini tujuannya agar siswa tidak hanya menjadi pendengar yang pasif, tetapi juga aktif berfikir, bertanya dan berdiskusi, 2) Model Penerapan Buku Saku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X Tentang Praktik Thaharah di SMA
Negeri 5 Jember, dalam penerapan buku saku dengan model yang di gunakan adalah model pembelajaran berkelompok yaitu membantu peserta didik lebih cepat memehami materi secara cepat karena pembelajaran yang dilaksanakan secara bersama-sama. 3) Evaluasi Penerapan Buku Saku Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X Tentang Praktik Thaharah di SMA Negeri 5 Jember, dilakukanya evaluasi yaitu untuk mengukur pemahaman peserta didik melalui penilaian berupa tes lisan, praktik secara langsung dan melakukan tes hafalan, tujuannya agar guru bisa mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Pendidika Agama Islam dan budi pekerti berbasis buku saku.
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Buku Saku, Thaharah, Pemahaman Siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Reyna Dwi Herawati |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:22 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |