Saputri, Naini Eka (2025) PENGARUH STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCE, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP ISLAM RAUDLATUL ULUM LEDOKOMBO TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
NAINI EKA SAPUTRI. T20189079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran IPS di kelas sering kali muncul permasalahan, terutama pada konsep kepemahaman siswa yang kurang. masalah umum yang muncul adalah pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru, yang mana proses pembelajaran hanya sampai pada penjelasan guru saja. Selain itu, Strategi dan teknik pembelajaran juga tidak terlalu menarik karena guru memulai pelajaran dengan cerita, membaca apa yang sudah ada di buku, dan menyelesaikan saat bel berbunyi. Namun pada kenyataannya, kegiatan yang dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa sebagian besar guru lebih aktif dari pada siswanya. Sehingga kepemahaman siswa pada pembelajaran kurang. Peserta didik hanya tertuju pada materi yang sedang dipelajari saja dan pada pertemuan selanjutnya peserta didik lupa tentang materi yang telah dipelajari padahal materi itu ada hubungannya dengan materi yang akan dipelajari. Beberapa peserta didik belum mampu mengaplikasikan konsep Pelajaran kedalam kehidupan mereka Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang menunjukkan nilah dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi REACT (Relating, Experience, Applying, Cooperating, and Transfering) terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Islam Raudlatul Ulum Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre Tes Post Tes Control Group Design, melibatkan dua kelompok dimana satu sebagai kelompok kontrol dan satunya sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Uji prasyarat analisis data menggunnakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji Wilcoxon.
Berdasarkan hasill dari test statistic diketahui bahwa nilai asymp. Sig (2-tailed) 0,001 (0,001 < 0,05) Pre-test dan Post-test kelas Eskperimen dan 0,001 (0,001 < 0,05) Pre-test dan Post-test kelas control lebih kecil dari signifikansi < 0.05, sehingga dapat disimpukan “Hipotesa diterima” yang artinya tidak ada perbedaan antara nilai hasil untuk Pre-test dan Post-test sehingga dapat dikatakan “ada Pengaruh Strategi REACT (Relating, Experience, Applying, Cooperating, And Transfering) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Islam Raudlatul Ulum Ledokombo”. Adanya pengaruh Strategi REACT terhadap pemahaman konsep siswa memberikan implikasi terhadap pengelolaan disekolah lebih optimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology) 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190101 Art Criticism |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Naini Eka Saputri |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:44 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |