Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung

Nur Amaliya, Risky (2025) Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKY NUR AMALIYA_211101090056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (25MB)

Abstract

Risky Nur Amaliya, 2025 : Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung Kata Kunci : Ekstrakurikuler Sanggar IPS, Motivasi Belajar, IPS.

Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik. Namun tantangan yang dihadapi sekarang di dunia Pendidikan khususnya SMP ini banyak peserta didik yang motivasi belajarnya rendah terutama pada mata pelajaran IPS yang banyak sekali membahas tentang kondisi lingkungan sekitar. Rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya minat dan kesenangan dalam belajar IPS, kurangya kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan, serta kurangya dukungan dari lingkungan sekolah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan program kegiatan sanggar IPS dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung.
2) Bagaimana peran kegiatan sanggar IPS dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan program kegiatan sanggar IPS dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung, 2) Mendeskripsikan peran kegiatan sanggar IPS dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini 1) Ekstrakurikuler Sanggar IPS di SMPN 1 Ajung dilakukan secara terstruktur dan terprogram. Kegiatan ini diadakan secara rutin di luar jam pelajaran, dengan metode pembelajaran yang bervariasi. 2) Ekstrakurikuler Sanggar IPS memiliki peran yang penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan hasrat dan keinginan peserta didik untuk berhasil dalam pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: sis Risky Nur Amaliya
Date Deposited: 01 Jul 2025 04:13
Last Modified: 01 Jul 2025 04:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44845

Actions (login required)

View Item View Item