Suhartono, Aris (2025) ANALISIS KOMPARATIF IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM BALUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
ARIS SUHARTONO REVISI SIDANG.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Aris Suhartono: Analisis Komparatif Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung Jember
Kata Kunci: Analisis Komparatif, Kurikulum Merdeka, Kurikulum 2013, Al-Qur’an dan Hadits.
Penelitian ini diperlukan karena adanya perbedaan mendasar antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam pendekatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Perubahan kurikulum ini berdampak langsung pada kualitas proses belajar mengajar. Selain itu, belum banyak penelitian yang secara spesifik membandingkan implementasi kedua kurikulum di madrasah, khususnya di MA Wahid Hasyim Balung Jember. Hasil penelitian ini akan memberikan data empiris yang penting bagi guru, madrasah, dan pemerintah dalam menentukan kebijakan kurikulum yang paling efektif dan relevan.
Fokus penelitian yang di bahas: 1) Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits di MA Wahid Hasyim Balung Jember?, 2) Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits di MA Wahid Hasyim Balung Jember?, 3) Bagaimana komparatif Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas di MA Wahid Hasyim Balung Jember?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Objek penelitian meliputi kelas 10 dan 11. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan analisis komparatif. Menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi Kurikulum 2013 di MA Wahid Hasyim Balung Jember telah berjalan baik melalui RPP sebagai dasar perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran aktif berbasis 5M. Evaluasi mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, dengan penilaian dari tugas, ujian, dan proyek. Siswa yang belum mencapai KKM mendapat remedial. 2) Implementasi Kurikulum Merdeka di MA Wahid Hasyim Balung Jember menekankan pembelajaran bermakna dan pembentukan karakter melalui pendekatan diferensiasi. Perencanaan menggunakan Modul Ajar, pelaksanaan fleksibel sesuai kebutuhan siswa, dan evaluasi dilakukan melalui asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. 3) Implementasi K13 dan Kurikulum Merdeka di MA Wahid Hasyim Balung Jember memiliki perbedaan signifikan. K13 bersifat sistematis dan terstruktur, sedangkan Kurikulum Merdeka lebih fleksibel, berpusat pada siswa, dan menekankan pembentukan karakter. K13 menggunakan RPP dan fokus pada aspek kognitif, sementara Kurikulum Merdeka memakai Modul Ajar dan menilai secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ARIS SUHARTONO |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:40 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |