Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Motivasi Membaca Siswa Melalui Literasi Membaca Ekstensif Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Safitri, Rini (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Motivasi Membaca Siswa Melalui Literasi Membaca Ekstensif Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
RINI SAFITRI _ T20191240.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Rini Safitri, 2025. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Motivasi Membaca Siswa Melalui Literasi Membaca Ekstensif Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata kunci : Peran Guru PAI, Motivasi Membaca, Literasi Membaca Ekstensif

Budaya literasi membaca telah pemerintah canangkan selama satu dekade terakhir ini. Namun, pelaksanaan di lapangan masih menunjukan bahwa motivasi membaca pada peserta didik masih rendah. Hal ini karena proses literasi membaca hanya menggunakan buku materi pembelajaran saja serta dalam kemajuan teknologi ini siswa lebih suka membaca melalui digital daripada buku bacaan. Dalam konteks sekolah, penelitian tentang peran guru dalam literasi membaca sudah banyak dilakukan, namun belum ada yang secara spesifik membahas bagaimana seorang Guru pendidikan Agama Islam membangun motivasi membaca pada peserta didik melalui literasi membaca ekstensif dengan sumber belajar PAI. Dalam hal ini, peran guru sangat penting dalam membangun motivasi membaca pada peserta didik. Ketika budaya literasi membaca semakin baik, maka semakin meningkat pula motivasi membaca pada peserta didik.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan literasi membaca ekstensif pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana peran guru PAI dalam membangun motivasi membaca siswa melalui literasi membaca ekstensif dengan sumber belajar PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam membangun motivasi membaca siswa melalui literasi membaca ekstensif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan survey terbuka melalui google form. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil : 1) Kegiatan literasi membaca di SMP Negeri 7 Jember diawali dengan, (a) memilih buku bacaan,(b) membaca buku non pelajaran selama 20 menit,(c) meresume isi bacaan,(d) validasi oleh guru 2) Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun motivasi siswa melalui literasi membaca ekstensif adalah a) Menjadi Role Model, b) Menjadi Motivator c) Menyediakan pojok baca 3) Faktor pendukung meliputi, a) Kebijakan kepala sekolah yang sesuai dengan pemerintah, b) Adanya fasilitas perpustakaan dan pojok baca. Faktor penghambat meliputi, a) Ketersediaan buku yang kurang lengkap dan menarik, b) Buku bacaan kerap hilang, c) Kelas VII perlu dipaksa dan bimbingan dalam literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rini Safitri
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:45
Last Modified: 01 Jul 2025 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44994

Actions (login required)

View Item View Item