Pengembangan Media Pembelajaran Ludo King Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila, Materi Lambang Pancasila Kelas II di Sekolah Dasar Negeri Paleran 04 Kecamatan Umbulsari Jember

Fitriyah, Lukluatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Ludo King Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila, Materi Lambang Pancasila Kelas II di Sekolah Dasar Negeri Paleran 04 Kecamatan Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EDIT watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Ludo King, Lambang Pancasila
Karakteristik siswa sekolah dasar, khususnya di kelas II, menunjukkan bahwa mereka masih berada dalam tahap operasional konkret menurut teori perkembangan kognitif Piaget. Untuk itu, guru perlu mencari cara inovatif agar pembelajaran lambang Pancasila dapat diterima dengan baik oleh siswa tanpa menghilangkan unsur pendidikan di dalamnya. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pengemabangan media pembelajaran berbasis permainan edukatif. Oleh karena itu pentingnya pengembangan media pembelajaran yang dapat menggabungkan materi dengan unsur permainan, seperti media pembelajaran berbasis permainan Ludo King, agar tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai dengan mudah.
Penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Ludo King pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi lambang Pancasila kelas Ⅱ di SDN Paleran 04 Umbulsari Jember?, (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Ludo King pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi lambang Pancasila kelas II di SDN Paleran 04 Umbulsari Jember?, (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran Ludo King pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi lambang Pancasila kelas II di SDN Paleran 04 Umbulsari Jember?.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Ludo King pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi lambang Pancasila kelas Ⅱ di SDN Paleran 04 Umbulsari Jember, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Ludo King pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi lambang Pancasila kelas Ⅱ di SDN Paleran 04 Umbulsari Jember, (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Ludo King pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi lambang Pancasila kelas II di SDN Paleran 04 Umbulsari Jember.
Pengembangan media pembelajaran Ludo King menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang mencakup lima tahapan: Analysis (analisis), Design (desain) , Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam proses pengembangan media pembelajaran Ludo King ini peneliti membuat desain media yang terbuat dari triplek sesuai ukuran yang sudah ditentukan sebagai wadah berbentuk koper dan mencetak media menggunakan banner. 2) Hasil rata-rata kelayakan media dari kelima validator adalah 92,52%. 3) Hasil keefektifan yang diperoleh dari angket pretest dan postest adalah 68%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada media Ludo King dapat dikategorikan sangat layak dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Luklu Lukluatul Fitriyah
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:48
Last Modified: 01 Jul 2025 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44995

Actions (login required)

View Item View Item