EMA FITRIA WARDANA, 084 111 135 (2016) PERAN GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH DESA KEDAWUNG LOR KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
COVER_1.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA BARU.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Ema, Fitria Wardana, 2016, Peran Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Desa Kedawung Lor Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2015/2016
Pendidikan agama merupakan pendidikan yang utama yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang, oleh karena itu para guru pendidikan agama islam sangat berperan dalam menanamkan nilai-nilai relegiusitas siswa agar nantinya siswa menjadi insan yang berbudi luhur serta memiliki akhlakul karimah seperti yang sudah diajarkan oleh” Revolusiner” kita yaitu Nabi Muhammad SAW.
Fokus penelitian dalam skripsi ini terbagi yaitu: 1) Bagaimana peran gururumpun Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah desa kedawung lor kecamatan patrang kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana peran gururumpunPendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah desa kedawung lor kecamatan patrang kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016? 3) Bagaimana peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah desa kedawung lor kecamatan patrang kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016? 4) Bagaimana peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam sebagai penasehat dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah desa kedawung lor kecamatan patrang kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian dalam skripsi ini dapat dirumuskan sebagai berikut:1) Untuk
mendeskripsikan peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah desa kedawung lor kecamatan patrang kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah desa kedawung lor kecamatan patrang kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah desa
kedawung lor kecamatan patrang kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016. 4) Untuk mendeskripsikan peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam sebagai penasehat dalam meningkatkan religiusitas siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah desa kedawung lor kecamatan patrang kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian lapang. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam skripsi ini adalah metode observasi, interview, dan dokumenter. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah mengajarkan dan juga memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul, mewajibkan semua siswa-siswi untuk sholat duha dan duhur berjama’ah. 2) Peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah menanamkan nilai-nilai moral dan agama melalui sikap yang dicerminkan oleh guru dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan, sholawat keliling,istigosah malam. 3) Peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing
dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah menanamkan agar selalu berpijak pada AlQur’an
dan hadist, mengajarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qu’an dan hadist. 4) Peran guru rumpun Pendidikan Agama Islam sebagai penasehat dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah memperingati hari-hari besar islam seperti tahun baru islam, maulid nabi dan lain-lain, tahlil akbar dan juga ikhtibar yang melibatkan masyarakat di sekitar Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Religi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 02:28 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 02:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45 |
Actions (login required)
View Item |