Fairuzzia, Nur Fatma (2025) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN SYLLABLE GAME INTO WORD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR NEGERI SEBANI SUMOBITO JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
FATMA SELESAI watermax.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Pengembangan Metode Pembelajaran Syllable
Game Into Word Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Kelas 1
SD Negeri Sebani Sumobito Jombang.
Kata kunci: pengembangan metode, membaca permulaan, siswa kelas I SD,
Syllable Game Into Word.
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil observasi dan wawancara
yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas 1 mengalami kesulitan dalam
mengenali dan merangkai suku kata menjadi kata bermakna. Pembelajaran yang
monoton serta kurangnya media interaktif menjadi faktor penyebab rendahnya
kemampuan membaca siswa.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu 1) untuk menghasilkan produk
berupa metode pembelajaran Syllable Game Into Word pada pembelajaran Bahasa
Indonesia materi membaca kelas 1 SDN Sebani Sumobito Jombang, 2) untuk
mengetahui kelayakan metode pembelajaran Syllable Game Into Word pada
pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca kelas 1 SDN Sebani Sumobito
Jombang, dan 3) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap metode
pembelajaran Syllable Game Into Word pada pembelajaran Bahasa Indonesia
materi membaca kelas 1 SDN Sebani Sumobito Jombang.
Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R\&D) dengan
pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and
Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD yang berjumlah 23 siswa.
Pada tahap analisis ditemukannya analisis permasalahan yaitu siswa mengalami
kesulitan membaca dan guru hanya menggunakan cara tradisional dalam
pengajaran. Pada tahap (D)esain, peneliti mendesain metode pembelajaran dan
buku metode pembelajaran Syllable Game Into Word. Pada tahap (D)evelopment,
peniliti sudah menghasilkan sebuah produk yaitu metode pembelajaran dan buku
metode Syllable Game Into Word. Pada tahap (I)mplementasi, peneliti menerspkan
metode pembelajaran di dalam kelas, dan terakhir tahap (E)valuasi. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, kemudian
dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini berupa 1) buku tentang metode pembelajaran Syllable
Game Into Word. 2) Hasil validasi menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang
dikembangkan sangat valid, dengan skor rata-rata 90% dari ahli metode dan bahasa,
serta guru kelas. Produk buku mencapai skor 72% dan telah diperbaiki sesuai saran.
3) Respon siswa terhadap metode ini sangat positif, dengan tingkat ketertarikan
mencapai 92,6%. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Syllable
Game Into Word layak digunakan dalam pembelajaran membaca awal dan mampu
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktif, dan bermakna bagi siswa
kelas I SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Fatma Fairuzzia |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:19 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |