Zalianti, Debrina (2025) Pengembangan Media Kotak Suku Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Kelompok B Di TK PGRI 05 Tlogosari Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Debrina Zalianti_212101050006_2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Pendidikan anak usia dini sangat penting karena merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Stimulasi yang sesuai diperlukan, salah satunya melalui media pembelajaran interaktif agar tujuan pembelajaran tercapai dengan optimal. Hasil observasi di TK PGRI 05, menunjukkan masih ada anak yang belum optimal dalam mengenal huruf, sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana pengembangan media kotak suku kata dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di TK PGRI 05 Tlogosari Bondowoso? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media kotak suku kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di TK PGRI 05 Tlogosari Bondowoso? 3) Bagaimana efektivitas terhadap kemenarikan pengembangan media kotak suku kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di TK PGRI 05 Tlogosari Bondowoso?
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media kotak suku kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di TK PGRI 05 Tlogosari Bondowoso. 2) Mendeskripsikan kelayakan pengembangan media kotak suku kata untuk meningkatkan kemampuan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di TK PGRI 05 Tlogosari Bondowoso. 3) Mendeskripsikan efektivitas pengembangan media kotak suku kata untuk meningkatkan kemampuan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di TK PGRI 05 Tlogosari Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli pembelajaran, dengan subjek penelitian peserta didik kelompok B TK PGRI 05 Tlogosari Bondowoso.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Media yang dikembangkan berupa kotak suku kata yang berisi kolom huruf konsonan dan vokal untuk membantu anak menyusun suku kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B. 2) Tingkat kelayakan dari 4 validator memperoleh 96,25% yang menunjukkan bahwa media kotak suku kata termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan. 3) Uji efektivitas dilakukan dengan pretest menunjukkan hasil rata-rata 84% dan posttest 93%, berarti efektivitas peserta didik meningkat sebanyak 9% dengan menunjukkan kriteria sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Debrina Zalianti |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:24 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |