Pengembangan Media Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Berbasis Game Edukasi Uno Stacko (GEUS) Materi Karya Cetak dari Bentuk Sekitar Pada siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember

Faiqotul Khoiroh, Luluk (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Berbasis Game Edukasi Uno Stacko (GEUS) Materi Karya Cetak dari Bentuk Sekitar Pada siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Luluk Faiqotul Khoiroh_212101040030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (31MB)

Abstract

Luluk Faiqotul Khoiroh, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Berbasis Game Edukasi Uno Stacko (GEUS) Materi Karya Cetak dari Bentuk Sekitar Pada siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Uno Stacko
Berdasarkan hasil analisis permasalahan yang telah dilakukan adalah bahwa rendahnya kemampuan siswa untuk menjaga fokus selama proses belajar, yang berdampak pada rendahnya pemahaman materi. Selain itu dibutuhkan metode penyampaian yang asyik dalam proses pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi saat proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan terkait media game edukasi uno stacko di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah Pengembangan media pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya berbasis Game Edukasi Uno Stacko pada materi karya cetak dari bentuk sekitar di kelas II MIN 4 Jember, 2) Bagaimanakah Kelayakan media pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya berbasis Game Edukasi Uno Stacko pada materi karya cetak dari bentuk sekitar di kelas II MIN 4 Jember, dan 3) Bagaimanakah Efektivitas penggunaan media pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya berbasis Game Edukasi Uno Stacko Materi karya cetak dari bentuk sekitar pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya berbasis Game Edukasi Uno Stacko, 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut, dan 3) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya berbasis Game Edukasi Uno Stacko pada materi karya cetai dari bentuk sekitar di kelas II MI Negeri 4 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Model yang digunakan pada penelitian ini yakni model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development , Implementation, dan Evaluation. Dengan uji coba skala kecil pada 6 siswa dan skala besar pada 31 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes, serta analisis data kualitatif dan kuantitatif deskriptif.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Produk yang dikembangkan adalah Media pembelajaran Game Edukasi Uno Stacko (GEUS) dengan proses pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan media, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, 2) Hasil validasi oleh tiga validator (ahli media,ahli materi, dan ahlipembelajaran) memperoleh rata-rata 89,16% sedangkan respon siswa pada uji coba skala kecil dan besar masing-masing mencapai 85,83% dan 90,81% , serta 3) Hasil Uji Efektivitas menggunakan Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), menandakan adanya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media, dengan nilai N-Gain sebesar 0,56 yang menunjukkan peningkatan sedang. Dengan demikian, media pembelajaran GEUS dinyatakan layak dan cukup efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190102 Art History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Luluk Faiqotul Khoiroh
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:18
Last Modified: 02 Jul 2025 04:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45108

Actions (login required)

View Item View Item