Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Materi Pernikahan Dalam Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.

Sadid, Muhamad Danial (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Materi Pernikahan Dalam Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD DANIAL SADID_DISTRIBUSI SOFT FILE.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Mata pelajaran fiqih merupakan mata pelajaran yang bersifat tak hanya teoritis namun juga praktis. Sehingga kebutuhan akan akan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan aplikatif dalam memahami materi yang bersifat praktis khususnya materi pernikahan dalam Islam. Pada pembelajaran fiqih materi pernikahan dalam Islam di MAN 2 Jember di dapati bahwa guru fiqih menggunakan metode pembelajaran simulasi. Metode simulasi memiliki salah satu tujuan ialah meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi dapat menstimulasi keaktifan belajar siswa dalam setiap pembelajaran.
Penelitian ini berfokus pada 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode simulasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi pernikahan dalam Islam di MAN 2 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode simulasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi pernikahan dalam Islam di MAN 2 Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran dengan metode simulasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi pernikahan dalam Islam di MAN 2 Jember?.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan metode simulasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi pernikahan dalam Islam; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode simulasi; dan 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran simulasi pada mata pelajaran Fikih di MAN 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui teknik triangulasi teknik dan sumber.
Hasil Penelitian ini yaitu : 1) Perencanaan metode simulasi di MAN 2 Jember melibatkan penyusunan perangkat ajar dan pembentukan kelompok, dengan keterlibatan aktif siswa dalam merancang dan mempersiapkan simulasi pernikahan. 2) Pelaksanaan simulasi meningkatkan keaktifan belajar siswa secara fisik, mental, emosional, dan intelektual, meskipun tidak sepenuhnya mengikuti sintaks simulasi karena berbasis konsep. 3) Evaluasi dilakukan melalui dokumentasi video, laporan kegiatan, dan observasi non-tes terhadap partisipasi siswa, dengan fokus pada keterlibatan selama proses pembelajaran.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Simulasi, Keaktifan Belajar Siswa, Fiqih, Pernikahan dalam Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Danial Sadid
Date Deposited: 02 Jul 2025 05:22
Last Modified: 02 Jul 2025 05:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45161

Actions (login required)

View Item View Item