Kamila, Ibriza Dina (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KITAB BIDAYATUL HIDAYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PUTRA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-ISHLAH KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI_IBRIZA_watermax.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Kitab Bidayatul Hidayah, Pembentukan
Karakter Siswa
Proses pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan
oleh guru dan siswa dengan memanfaatkan sarana yang tersedia untuk memperoleh
hasil belajar secara optimal. Efektivitas pembelajaran merupakan suatu ukuran
yang menyatakan seberapa jauh target kuantitas maupun kualitas yang telah
tercapai.
Penelitian ini difokuskan pada: 1). Bagaimana proses pembelajaran kitab
Bidayatul Hidayah di kelas IX putra MTs Al-Ishlah Jenggawah? 2). Bagaimana
penerapan metode bandongan dan sorogan dalam pembelajaran kitab bidayatul
hidayah untuk meningkatkan belajar siswa putra kelas IX MTs Al-Ishlah
Jenggawah 3). Bagaimana efektivitas pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah dalam
pembentukan karakter kejujuran siswa?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas
pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah dalam membentuk karakter siswa putra
kelas IX di MTs Al-Ishlah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Kitab karya
Imam Al-Ghazali ini dikenal sebagai pedoman moral yang memuat ajaran tentang
adab, akhlak, serta hubungan manusia dengan Allah dan sesama manusia.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis
data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Validitas data dijaga menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Proses pembelajaran kitab
Bidayatul Hidayah di kelas IX Putra MTs Al-Ishlah Jenggawah dilakukan secara
rutin melalui metode bandongan dan sorogan. 2. Penerapan metode bandongan dan
sorogan dalam pembelajaran kitab bidayatul hidayah bandongan digunakan untuk
menyampaikan materi secara menyeluruh, sementara sorogan mendorong
pemahaman individu dan kemandirian siswa. 3. Efektifitas pembelajaran ini tidak
hanya menyampaikan isi kitab, tetapi juga efektif dalam menanamkan nilai
kejujuran melalui materi dan keteladanan guru. Terlihat dari perubahan sikap siswa
yang lebih jujur, tidak mencontek, dan berani mengakui kesalahan, yang
mencerminkan keberhasilan pembelajaran dalam membentuk karakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Depositing User: | Miss ibriza dina kamila |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 06:29 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 06:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |